Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Pemuda Yang Panjat Tugu Hargo Dumilah Lawu Magetan Saat PPKM Minta Maaf

Magetan (beritajatim.com) – Pemuda yang unggah video saat memanjat dan kibarkan bendera merah putih di Tugu Puncak Hargo Dumilah Perbatasan Magetan Jawa Timur dan Karanganyar Jawa Tengah minta maaf. Adalah Rizki Tri Cahyo Legowo (27) pemilik akun instargam rizque_art yang kini sudah tak ditemukan. Warga Yogyakarta itu mengakui kalau tindakannya berlebihan dan membuat kecewa para pemangku kepentingan di Gunung Lawu berikut dengan para pecinta alam lainnya.

Dirinya memenuhi undangan Asisten Pehutani BKPH Lawu Selatan Ds Puguh Yudhi Prasetyawan ke kantor asper setempat Kamis (26/8/2021). Rizki bersama salah seorang rekannya mengklarifikasi video unggahannya tersebut. Untuk video dia ambil pada 17 Agustus 2021. Meski saat itu seluruh jalur pendakian resmi ditutup, mereka memilih menggunakan jalur tikus yakni lewat daerah Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi.

“Kami naik via jalur tidak resmi. Kami paham kalau perbuatan kami salah. Sehingga, kami memohon maaf pada BKPH Lawu Selatan Ds, Polhut, Forkopimca Plaosan, dan rekan–rekan pecinta alam. Tindakan kami berlebihan, kami tidak akan ulangi lagi. Kami harap tindakan ini tidak ditiru oleh rekan pendaki lainnya di mana pun,” terang Rizki.

Dia menyebut untuk pemilihan jalur memang melewati jalur yang tak resmi. Rizki tak bisa memendam rindu untuk tidak naik gunung. Terhitung PPKM berlaku pada 3 Juli 2021 dan itu sudah membuatnya kangen untuk muncak.

“Karena itu saya bersama rekan saya memutuskan untuk naik gunung. Dan kebetulan lewat Jogorogo ini tidak ada yang melarang. Jadi saya sampai ke puncak dan ambil video tersebut. Dan kemudian saya unggah,” terangnya.

Meski begitu dia mengimbau pada para pecinta alam lainnya untuk menjaga sikap dan tetap santun saat mendaki gunung. Terlebih, juga tak boleh merusak fasilitas dan lingkungan di jalur pendakian. (fiq/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar