Peristiwa

Satgas Percepatan Penangangan Covid-19

Pemkot Mojokerto Imbau Warga Patuh Protokol Kesehatan

Pustu Gunung Gedangan. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Satgas Percepatan Penangangan Covid-19 Pemkot menghimbau kepada warga Kota Mojokerto untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. Meski Kota Mojokerto sudah berstatus zona orange dalam penyebaran Covid-19, namun jumlah kasus terus bertambah.

“Himbauan gugus tugas, kita masih dalam kondisi yang masih kewaspadaan, kita tidak boleh lenggah. Kita masih di zona orange, itu masih ada penambahan. Artinya situasi ini jangan dianggap situasi yang biasa-biasa saja,” ungkap Juru Bicara (Jubir) Satgas Percepatan Penangangan Covid-19 Pemkot Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo, Jumat (11/9/2020).

Kunci utamanya adalah kewaspadaan, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan. Menurut Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Mojokerto ini, saat ini vaksin yang paling ampuh sebelum adanya vaksin Covid-19 adalah kewaspadaan dengan menerapkan protokol kesehatan secara individu maupun kelompok.

“Langkahnya apa? Saya kira masyarakat sudah tahu. Memakai masker, hukumnya wajib. Mencuci tangan pakai sabun wajib, selalu membawa hand sanitizer, menjaga jarak hukumnya wajib. Keempatnya dipatuhi insya Allah penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir dengan melakukan langkah-langkah penegakan disiplin protokol kesehatan tersebut,” katanya.

Lanjut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto, warga Kota Mojokerto jangan hanya mengandalkan pemerintah atau gugus tugas dalam pencegahan penularan Covid-19 tersebut. Namun pencegahan penularan Covid-19 bisa dilakukan secara individu mempunyai peranan yang sangat penting.

“Adanya Perwali Nomor 55 Tahun 2020 tentang Tatanan Baru Pada Masa Pandemi Covid-19, diharapkan bukan sanksi tapi masyarakat patuh dan mengikuti protokol kesehatan yang diwajibkan pada masing-masing individu. Saya kira Perwali itu tidak diperlukan, jika masyarakat patuh dan mengikuti protokol kesehatan,” ujarnya. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar