Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Pemkab Probolinggo Rencanakan PDU di Pasar Lama Paiton

Sampah di pasar lama Paiton berserakan hingga ke jalan

Probolinggo (beritajatim.com) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, akan mengubah lokasi penampungan sampah sementara yang berada di Desa Sukodadi Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, untuk dijadikan tempat Pusat Daur Ulang (PDU) sampah. DLH sebelumnya sempat mendapat keluhan warga karena sampah berserakan hingga ke jalan raya.

Hal tersebut diungkap oleh Iskandar, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup setempat. Dia mengatakan, untuk dapat melakukan pengelohan sampah yang bertumpuk di lokasi yang semula dijadikan pasar tradisional di Kecamatan Paiton itu, pihaknya merencanakan pembangunan PDU di lokasi tersebut.

“Disanakan menjadi lokasi pembuangan sampah dari sejumlah desa. Sehingga kami rencanakan PDU disana,” ujarnya.

Menurutnya, PDU tersebut nantinya akan menjadi lokasi tempat daur ulang sampah. Hal itu bertujuan suplai sampah ke lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) berkurang. “Jika PDU ini sudah ada, maka TPA Sebero hanya menerima residu sampahnya saja. Sehingga, suplai sampah Ke TPA akan berkurang,” jelasnya.

Ia menyebutkan jika pembangunan PDU itu nanti akan dilakukan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan yang ada di Probolinggo. “Seperti teknisinya, menggambar lokasi untuk PDU itu sudah mulai berjalan. Ya, melalui CSR itu,” katanya.

Hanya saja, proses realisasi PDU tersebut masih terkendala lahan. Dimana, lahan yang masih dikelola oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). “Permasalahannya saat ini ada pada permasalahan administrasi saja. Untuk tanah itu kan milik Pemda, yang dikelola Disperindag. Jadi proses pemindahan pengelolaan kepada DLH ini yang masih belum,” tukasnya. [tr/but]

 

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar