Peristiwa

Pemkab Bangkalan Mulai Hari Ini Berlakukan SIKM

Bangkalan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, mulai hari ini Senin (21/6/2021) memberlakukan Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) bagi warga Bangkalan yang memiliki aktifitas setiap hari ke Surabaya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Bangkalan, Agus Sugianto Zein menyebutkan, untuk mendapatkan SIKM tersebut, masyarakat harus membawa hasil tes rapid antigen serta surat keterangan keperluan melintas jembatan Suramadu atau pelabuhan penyebrangan Kamal.

 

“Hasilnya harus negatif dan juga harus melampirkan surat tugas ataupun surat keterangan yang disesuaikan dengan aktifitas keluar masuk Bangkalan,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan rapid antigen di RSUD Syamrabu dan Puskesmas di seluruh Bangkalan secara gratis. Sehingga masyarakat tidak perlu berjubel antri melakukan swab di satu titik.

“Untuk SIKM akan dikeluarkan oleh masing-masing kecamatan,” tambahnya.

Hal ini diberlakukan untuk memudahkan masyarakat yang setiap harinya memiliki kegiatan keluar masuk Bangkalan seperti tukang sayur ataupun pekerja lainnya. Sehingga, masyarakat tidak perlu antri di pos penyekatan untuk melakukan swab antigen.

“Surat tersebut berlaku selama 7 hari sejak diterbitkan, sementara untuk pengendara yang tidak membawa SIKM masih tetap harus di swab antigen di penyekatan atau membawa hasil rapid antigen dari laboratorium,” kata Agus.

Agus juga menyampaikan, saat ini jumlah petugas di penyekatan belum dikurangi meski SIKM diberlakukan. Sebab, pihaknya belum mengetahui efektifitas warga pasca diberlakukan SIKM

“Petugas sementara tetap, kan belum tau seberapa signifikan dampaknya,” imbuhnya.[sar/ted]

 



Apa Reaksi Anda?

Komentar