Peristiwa

Pemberangkatan Calon Jemaah Haji Mundur Setahun

Bangkalan (beritajatim.com) – Pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) 2020 dipastikan tertunda akibat Covid-19. Hal ini menyebabkan kloter CJH di tahun berikutnya juga ditunda ke tahun selanjutnya.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Bangkalan, Wafir. Ia mengatakan, tidak ada akumulasi jamaah pada pemberangkatan tahun depan. Sehingga, jamaah yang berangkat hanyalah jamaah yang tertunda untuk berangkat tahun ini.

“Sejauh ini rencana akumulasi tidak ada. Justru penundaan kloter pemberangkatan seluruh CJH ditunda satu tahun berikutnya,” ucapnya, Selasa (16/6/2020).

Ia juga mengatakan, hingga saat ini belum ada CJH yang melakukan penarikan dana haji akibat pemberangkatan tersebut. Kini pihaknya fokus terhadap penundaan dan menunggu juknis terbaru dari Kementrian Agama (Kemenag) pusat.

“Tidak ada penarikan, kami rasa seluruh CJH memahami kondisi saat ini dan demi keselamatan bersama. Jadi seluruhnya legowo,” tambahnya.

Diketahui, CJH yang gagal berangkat tahun ini yakni sebanyak 737 jamaah. Jumlah tersebut terbagi atas 659 reguler serta 78 jamaah cadangan yang telah melakukan pelunasan tahun ini. [sar/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar