Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Pembangunan Puskesmas Blega Belum Terapkan Manajemen K3

Sidak Pembangunan Puskesmas Blega

Bangkalan (beritajatim.com) – Pembangunan Puskesmas Blega, di Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, yang rencananya akan digunakan sebagai percontohan nasional sudah berjalan selama satu bulan lebih. Namun hingga kini pihak ketiga belum menerapkan manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Hal tersebut menjadi salah satu temuan oleh Komisi D DPRD setempat saat melakukan inspeksi mendadak (sidak), Kamis (26/8/2021).

Ketua Komisi D, Nur Hasan mengatakan, manajemen K3 wajib diberikan sebagai jaminan keselamatan untuk para pekerja.

“Itu wajib diberikan karena ada alokasi untuk sistem itu sebanyak 0,7 persen dari jumlah anggaran,” jelasnya.

Ia berharap, selain menerapkan sistem itu, pihak ketiga dapat melaksanakan pembangunan sesuai RAB. Sehingga, bangunan fasilitas kesehatan itu memiliki kualitas baik.

“Imbauan itu kami berikan sebagai langkah awal agar tak terjadi kesalahan di kemudian hari,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan, Sudiyo menyebutkan, proyek tersebut menghabiskan dana sebesar Rp 6,5 miliar. Nantinya, seluruh bangunan Puskesmas lama akan diganti dengan bangunan baru.

“Kontraknya mulai 16 Juli sampai tengah Desember 2021 nanti, itu akan digunakan sebagai percontohan nasional,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini pelayanan kesehatan tetap berjalan. Sebab, terdapat dua bangunan baru yang dapat digunakan untuk melayani masyarakat.

“Ada dua ruang yakni Asoka dan Tulip, itu termasuk bangunan baru. Jadi pelayanan tetap normal dan dilakukan di dua ruang tersebut,” tandasnya. [sar/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar