Peristiwa

Pemadaman Kebakaran Hutan Jati di Mojokerto Dilakukan Secara Manual

Petugas melakukan pemadaman manual di hutan jati Petak 76 RPH Kupang, BKPH Kemlagi, KPH Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Hutan jadi di Petak 76 RPH Kupang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kemlagi, Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Mojokerto, Senin (7/9/2020) terbakar. Petugas melakukan pemadaman secara manual di lokasi kebakaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, kebakaran terjadi sekira pukul 14.00 WIB. “Kebakaran hutan jati terjadi tepatnya di Desa Kupang, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto,” ungkapnya.

Masih kata Zaini, luas area yang terbakar kurang lebih 4 hektar dengan tanaman jati dan ilalang. Upaya pemadaman yang dilakukan BPBD bersama petugas BKPH Kemlagi dengan cara manual, yakni menggunakan gebyok atau bambu untuk memukul dan memadamkan api.

“Termasuk membuat sekat lahan yang belum terbakar supaya api tidak bisa meluas. Terkait penyebab kebakaran, masih dilakukan penyelidikan. Sekira pukul 16.30 WIB, api berhasil dipadamkan. Kondisi hutan jati sekarang ini kering dan sangat rawan terbakar,” katanya. [tin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar