Peristiwa

Pelayanan Puskesmas Trowulan Kembali Dibuka

Tampak masyarakat sudah mulai bisa memanfaatkan pelayanan di Puskesmas Trowulan. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Pelayanan Puskesmas Trowulan di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto kembali dibuka setelah satu minggu ditutup sementara. Ini menyusul, empat orang tenaga kesehatan (nakes) dan petugas kebersihan dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P)Janitra, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto, dr Langit Kresna Janitra mengatakan, Dinkes Kabupaten Mojokerto kembali membuka pelayanan di Puskesmas Trowulan sejak, Selasa (18/8/2020) kemarin.

“Sesuai hari kerja, pelayanan di Puskesmas Trowulan hanya 6 hari. Yaitu 10-15 Agustus 2020, namun karena pada tanggal 16 dan 17 Agustus bertepatan dengan tanggal merah sehingga baru dibuka tanggal 18 Agustus,” ungkapnya, Rabu (19/8/2020).

Masih kata dr Langit, pelayanan di fasilitas kesehatan tingkat pertama ini baru dibuka kembali setelah lima pegawai Puskesmas Trowulan sembuh. Yakni Kepala Puskesmas, tiga orang bidan, satu orang perawat dan satu orang petugas kebersihan. Kelimanya merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Mereka tidak mengalami gejala klinis apapun. Mereka dinyatakan sudah sembuh karena hasil tes swabnya negatif dan mereka sudah kembali bekerja. Sebelum pelayanan di Puskesmas Trowulan kembali dibuka, sudah dilakukan sejumlah persiapan,” katanya.

Mulai dari sterilisasi puskesmas menggunakan cairan disinfektan dan sinar UV, hingga memastikan nakes dan petugas kebersihan yang terinfeksi Covid-19 telah sembuh. Pasca dibukanya kembali pelayanan di Puskesmas Trowulan, petugas bakal memperketat protokol kesehatan di semua fasilitas kesehatan.

“Pasien datang wajib memakai masker, mencuci tangan, diperiksa suhu tubuhnya dan menjaga jarak satu sama lain. Protokol kesehatan kami perketat, tidak hanya di Puskesmas Trowulan, tapi di semua fasilitas kesehatan lainnya yang ada di Kabupaten Mojokerto,” jelasnya.

Sebelumnya, pelayanan di Puskesmas Trowulan yang berada di Jalan Raya Trowulan, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto ditutup hingga satu minggu ke depan. Ini setelah Kepala Puskesmas Trowulan dan lima orang tenaga kesehatan (nakes) serta satu orang petugas kebersihan diketahui positif Covid-19.

Kasus ini terungkap setelah Kepala Puskesmas Trowulan positif Covid-19 yang tertular dari sang istri. Istri Kepala Puskesmas yang bertugas di Dinkes Kabupaten Mojokerto terpapar lebih dulu dan Kepala Puskemas Trowulan menjalani tes swab pada, Rabu (5/8/2020) dengan hasil positif.

Hasil tes tersebut diketahui pada, Kamis (6/8/2020). Sehingga sebanyak 43 pegawai di Puskesmas Trowulan diminta menjalani rapid test. Dari jumlah itu, sebanyak 10 karyawan yang reaktif dan langsung menjalani tes swab pada, Kamis (6/8/2020). Hasilnya, tiga orang bidan, satu perawat dan pegawai kebersihan positif Covid-19. [tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar