Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Pelajar Papua Mengaku Nyaman Selama Belajar di Tuban

AKBP Nanang Haryono, Kapolres Tuban saat berdialog dengan pelajar Papua yang ada di Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai bentuk mewujudkan rasa nyaman dan menjamin keamaan bagi pelajar Papua yang ada di Kabupaten Tuban, jajaran Polres setempat bersama dengan Kodim 0811 menggelar silaturahmi dan pertemuan dengan para pelajar dari ujung timur Indonesia itu, Selasa (20/8/2019) malam.

Pertemuan itu berlangsung di Cafe 777 jalan Dr Soetomo, Kota Tuban. Dalam pertemuan itu, Kapolres TubanĀ  AKBP Nanang Haryono menjamin keamanan bagi pelajar Papua yang sedang menempuh jenjang pendidikan tingkat SLTA tersebut.

Pantauan beritajatim.com, keceriaan terlihat jelas dari raut muka para pelajar Papua yang bisa secara langsung bertemu dan berdiskusi dengan Kapolres. Sedikitnya ada sekitar 10 pelajar asal Papua yang sedang melakukan pendidikan di berbagai sekolah di Kabupaten Tuban.

“Kegiatan ini adalah untuk menjalin silaturahmi dan menyampaikan pesan kepada adik-adik pelajar ini bahwa di Tuban tidak terpengaruh dengan peristiwa di daerah lain. Bahwa wilayah Tuban sampai dengan saat ini masih aman dan kondusif,” terang Kapolres.

Kita Semua Bersaudara: Kapolres Tuban bersama dengan anggota Kodim 0811 Tuban saat berfoto bersama pelajar Papu di Tuban

Dalam pertemuan itu, para pelajar asal Papua juga didampingi oleh pihak guru yang menjadi tempatĀ  mengeyam pendidikan. Di Tuban mereka bersekolah di SMK Negeri 1, SMA Negeri 1 dan juga SMK Abdi Negara.

“Kita berpesan untuk adik-adik jangan takut dan merasa cemas, karena kami dari Polres Tuban bersama Kodim akan selalu menjamin keamanan selama 24 jam,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Tuban juga meninggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi oleh para pelajar Papua. Nah, jika sampai terjadi sesuatu, mereka bisa menghubungi nomor tersebut.

Sementara itu, Mariana Adriana, salah satu pelajar asal Papua yang merupakan pelajar SMK Abdi Negara Tuban mengaku nyaman selama tinggal dan menuntut ilmu di Kabupaten Tuban. Bahkan, selama ini mereka mendapatkan teman-teman yang ramah dan baik.

“Tinggal di sini saya senang, karena di sini banyak teman-teman baru yang baik, juga mendapatkan bapak ibu guru yang baik sebagai pengganti orang tua saya. Selama ini orang-orang di sini baik, sopan dan kalau kita minta bantu biasa langsung dibantu,” ungkap Mariana yang berasal dari Kabupaten Mappi, Papua. [mut/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar