Peristiwa

Kapal Tetap Angkut Penumpang ke Kepulauan

Pelabuhan Kalianget Batal Ditutup

Penumpang di Pelabuhan Kalianget menunggu kapal yang akan ke kepulauan

Sumenep (beritajatim.com) – Syahbandar Kalianget saat ini kembali mengizinkan kapal tujuan kepulauan Sumenep mengangkut penumpang dan bukan hanya barang.

“Kami tidak mungkin melarang sepenuhnya kapal mengangkut penumpang ke pulau. Karena Pelabuhan Kalianget ini kan pintu utama bagi warga pulau. Kalau ini ditutup, kasihan juga warga kepulauan,” kata Petugas Bagian Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Edy Sucipto, Rabu (29/4/2020).

Keputusan pelarangan kapal mengangkut orang ke wilayah kepulauan seakan hanya berumur sehari. Sebelumnya, KSOP Kalianget menyatakan aktivitas angkut-muat penumpang di Pelabuhan Kalianget ditutup sementara.

Penutupan aktivitas angkut penumpang berdasarkan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Saat ini kami mengijinkan kapal mengangkut penumpang yang pulang kampung ke pulau, bukan mudik. Ini merupakan kebijakan kami agar warga pulau tetap terangkut,” papar Edy.

Meski ada kebijakan untuk mengangkut penumpang, namun ia meminta agar semua operator pelayaran ke kepulauan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Para penumpang harus cuci tangan, diukur suhu tubuhnya, mengenakan masker, dan jaga jarak. Ini wajib dipatuhi oleh semua operator pelayaran,” tegasnya. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar