Peristiwa

Pegiat Lingkungan Tanam 1.500 Pohon di 2 Sumber Air Kediri

Kediri (beritajatim.com) – LAZ Al Azhar Jawa Timur bersama Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup (ARPLH), Komunitas Oleng-oleng, Corps Pecinta Alam, Arek Kediri dan beberapa komunitas pecinta alam lainya melakukan Aksi Menanam Pohon di mata air Sumber Banaran dan Sumber Pedhet. Lokasinya ada di Desa Tempurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Lebih dari 1.500 bibit pohon berhasil ditanam di dua lokasi tersebut. Tamanan terdiri dari berbagai jenis pohon yang dinilai cocok untuk lingkungan mata air Sumber Banaran dan Sumber Pedhet.

Menurut LAZ Al Azhar Jawa Timur, sekitar 370 mata air terdapat di Kabupaten Kediri. Akan tetapi, beberapa diantaranya sudah mati karena berbagai penyebab seperti tidak adanya pohon pelindung di sekitar mata air tersebut sehingga menyebabkan sedimentasi tanah.

Agar kejadian tersebut tidak terjadi pada mata air Sumber Banaran dan Sumber Pedhet maka dilakukanlah aksi tanam pohon.

Dwi Yanto, salah seorang relawan dari LAZ Al Azhar Jawa Timur menyampaikan bahwa mata air yang ada di seluruh Indonesia khusus nya di Kabupaten Kediri harus benar-benar dijaga karena mata air merupakan sumber air yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.

“Upaya menjaga di perlukan agar mata air – mata air tersebut tidak mati sehingga kebutuhan air di wilayah tersebut akan selalu tercukupi,” katanya.

Selain untuk menjaga mata air, Dwi Yanto juga menyampaikan bahwa aksi menanam pohon ini juga bertujuan untuk menjaga daerah resapan air agar meminimalisir terjadinya banjir dan tanah longsor seperti yang akhir-akhir ini terjadi dibeberapa daerah di Indonesia. [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar