Peristiwa

Pecinta Seni Pamekasan Protes RUU Permusikan

Pamekasan (beritajatim.com) – Para pecinta seni yang tergabung dalam Central Kreasi Apresiasi Muda Musisi se-Pamekasan (CEKAMP), menggelar aksi musik di trotoar tepat di depan Gedung DPRD Pamekasan, Jl Kabupaten, Senin (18/2/2019).

Aksi tersebut dilakukan dalam rangka protes sekaligus penolakan terhadap Rencana Undang-Undang (RUU) tentang Permusikan yang diusulkan oleh Komisi X DPR RI, yang saat ini tengah digodok untuk dijadikan sebagai undang-undang.

“Aksi ini sebagai salah satu bentuk protes yang kami tujukan kepada DPRD Pamekasan, agar nantinya merekomendasikan beberapa tuntutan kami kepada DPR RI tentang RUU Permusikan yang justru mengebiri ekspresi para pecinta seni, khususnya para musisi,” kata Koordinator Aksi, Indrax.

Dalam aksi tersebut, pihaknya menyertakan tiga poin penting sebagai bahan tuntutan agar diteruskan oleh para wakil rakyat di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. “Pertama kami mendesak DPR RI agar bersikap tegas dengan segera mencabut atau membatalkan RUU Permusikan, sekaligus menghentikan segara bentuk proses pembahasan tentang ini,” ungkapnya.

“Kedua, segera merevisi naskah (RUU) dengan cara mengajak rembug musisi nasional dan harus melibatkan musisi daerah se Nusantara, sehingga persatuan dan kesatuan bangsa bisa digalang melalui musik,” imbuhnya.

Tidak kalah penting, mereka juga menyampaikan tuntutan lain yang tidak kalah penting dalam pernyataan sikap yang mereka buat. “Terakhir kami juga menuntut DPRD Pamekasan, agar berperan aktif dalam mengawal apa yang menjadi tuntutan kami,” pungkasnya.

Dalam aksi tersebut, mereka juga memainkan musik lengkap dengan perlengkapan band musik. Secara bergantian mereka mendendangkan lagu diiringi dengan alunan musik yang mereka siapkan. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar