Peristiwa

Pecatur Junior se Jatim Beradu Ketangkasan di Kodim 0820 Probolinggo

Probolinggo (beritajatim.com) – Sebanyak 192 pecatur yunior ambil bagian dalam open turnamen catur cepat yunior G-25 di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0820 Probolinggo, Minggu (29/9/2019).

Menurut Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol Inf. Imam Wibowo, peserta akan memperebutkan hadiah dan piala ditiga kelas yang dipertandingkan. Yakni kelas kelompok usia 9 putra-putri, kelompok usia 12 putra-putri, dan kelompok usia 15 putra-putri.

“Peserta tidak hanya dari Probolinggo. Event ini terbuka bagi pecatur junior se Jawa Timur,” katanya melalui aplikasi whatsApp.

Turnamen yang dimulai sekitar pukul 07:00 wib dan baru berakhir sekitar pukul 19:00 wib ini, hadir peserta dari Jember, Pasuruan, Surabaya, dan beberapa daerah lain di jawa timur.

Diantaranya, M. Bilal dari Jember, Fitsal Aswa M dari Sidoarjo, M. Rayyan dari Situbondo, Rahmat Hanafi dari Sumenep, dan Nazura Zhafran dari Kota Kediri.

“Giat dalam rangka mencari bakat generasi muda (pecatur.red), juga memajukan cabor catur. Yang mana dalam porprov kota mendapat emas,” lanjut Imam Wibowo.

Agenda ini, sambung dia, juga sebagai ajang pemanasan menuju kejurnas catur Oktober mendatang di Kota Ambon.

“Catur juga menjadi ciri kemanunggalan TNI dan rakyat, untuk mewujudkan karakter smart, jujur dan sportif,” terang Imam Wibowo.

Untuk diketahui, open turnamen catur cepat yunior G-25 kali ini, terselenggara sebagai rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Tentara Nasional Indonesia (TNI). “Saya berharap ajang ini mendapat animo yg besar dari pemerintah kota maupun kabupaten. Banyak atlet catur yang butuh difasilitasi. Ini agar kedepan makin banyak pecatur yang mengharumkan nama Probolinggo,” tutup Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo.

Terpisah, Wakil Wali Kota Probolinggo, HMS Subri menyambut baik open turnamen catur cepat yunior G-25 Kodim 0820. Menurutnya koni harus lebih semangat memfasilitasi para pecatur. “Pemerintah daerah melalui koni sangat supot. Kami dukung langkah kodim menjaring bibit atlet catur di Kota Probolinggo,” katanya, saat dihubungi melalui telepon.

Sementara itu, dijelaskan Muhammad, seorang pecatur Probolinggo, dimaksud permainan catur cepat adalah dimana seluruh langkah harus diselesaikan yakni minimal 15 menit dan maksimal 60 menit. “Boleh juga minta waktu tambahan (increment) hingga 60 kali tapi dengan total keseluruhan waktu pikir 15 menit maksimal 60 menit,” katanya.

Peraturan ini berbeda dengan permainan catur normal yang menggunakan waktu berpikir masing-masing pemain 1 jam atau lebih. (Eko/ted)

Berikut pemenang Open Turnamen Yunior Catur Cepat G – 25 Dandim 0820 Cup sebagai berikut :

a. Pemenang KU 9 putra :
1) M. Bilal dari Jember
2) Fitsal Aswa M dari Sidoarjo
3) M. Rayyan dari Situbondo.
4) Rahmat Hanafi dari Sumenep.
5) Nazura Zhafran dari Kota Kediri.

b. Pemenang KU 12 Putra :
1) Nur Zakaria dari Kota Blitar.
2) Arel Brilian Wibawa dari Sumenep.
3) Putu Dama dari Sidoarjo
4) Tedi Jazil dari Sumenep.
5) Akhmad Syauqi dari Sidoarjo.

c. Pemenang KU 15 Putra :
1) M. Tsalis dari Kota Kediri
2) Zaqi Aqila dari Sidoarjo
3) Saifullah dari Situbondo.
4) Arjuna dari Kota Malang.
5) Vaiq Alfitra dari Jember.
6) Rafi Zaki dari Jember.
7) Stephen dari Banyuangi.

d. Pemenang KU 9 putri :
1) Karania Ekayana dari Kota Probolinggo.
2) Raihana Putri dari Surabaya.
3) Nabiya Aliyah dari Lumajang.
4) Joshephine Grace dari Kota Malang.
5) Shahesa Riski dari Sumenep.

e. Pemenang KU 12 putri :
1) Aubrey Athaliya dari Kota Probolinggo.
2) Rafiqa Aliyah dari Jember.
3) Allodyera dari Sidoarjo.
4) Nashwa Saffana dari Kota Probolinggo.
5) Syanti Amilia dari Sumenep.

f. Pemenang KU 15 putri :
1) Kamila Hildi dari Lamongan.
2) Ananda Astri dari Sidoarjo.
3) Chintya Putri dari Lumajang.
4) Dzithaulya ramadhani dari Sidoarjo.
5) Okta Vioni dari Banyuangi.
6) Bilqis Junidya dari Sidoarjo.
7) Brainda Ilmi dari Mojokerto.

Apa Reaksi Anda?

Komentar