Peristiwa

PDGI dan Pertamina Berikan Tambal Gigi Gratis untuk Ratusan Anak di Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Jawa Timur mengadakan kegiatan Bakti Sosial dengan melakukan berbagai kegiatan sosial yang berlangsung di lapangan PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) yang berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Dalam kegiatan bakti sosial PDGI Jawa Timur yang juga bekerja sama dengan PT Pertamina dan PT TPPI itu dilaksanakan 6 kegiatan utama untuk warga masyarakat Tuban dan langsung dibuka oleh Bupati Tuban. Yang mana kegiatan itu diikuti sebanyak 1000 pelajar yang kemudian ikut gerakan sikat gigi massal itu.

“Kegiatan Bakti Sosial ini rutin kita lakukan di wilayah Jawa Timur dan tahun ini kita laksanakan di Tuban. Dan kita mempunyai enam kegiatan yang kita lakukan dengan peserta para pelajar dari 11 sekolahan,” ungkap drg. Yahya M.Kes, Ketua PDGI Jawa Timur saat berada di lokasi acara, Sabtu (8/2/2020).

Adapun enam kegiatan yang dilakukan oleh para dokter Gigi tersebut mulai dari penyuluhan gigi sehat kepada 1.000 anak-anak dari tingkat Sekolah Dasar, pemeriksaan Gigi, penambalan Gigi dan Sikat Gigi massal. Kemudian adalah operasi bibir sumbing dan juga santunan anak yatim dari warga sekitar kilang TPPI Tuban itu.

“Untuk penambalan gigi yang berlubang ada sebanyak 500 anak dan pemeriksaan gigi ada sekitar 200 orang untuk warga sekitar. Kemudian yang bibir operasi bibir sumbing semestinya ada 16 orang, tapi karena ada kendala usia dan lain sebagainya hanya tinggal 10 orang yang dilakukan di RSNU,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua PDGI Jawa Timur itu mengajak kepada semua orang khususnya anak untuk peduli giginya, termasuk bagaimana cara gosok gigi yang benar. Ia menegaskan bahwa hasil riset menunjukkan 94,7% anak usia di atas tiga tahun sudah menyikat gigi, namun hanya 2,8% yang menyikat gigi dengan benar.

“Hari ini kita juga ajarkan cara gosok gigi yang benar. Dan waktu paling efektif sikat gigi bukan waktu mandi tapi sesudah makan,” tegasnya.

Sementara itu, Rustamaji selaku Unit Manager Communication, Relations, dan CSR Pertamina MOR V menyatakan bahwa program Kesehatan merupakan salah satu pilar dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Selain Kesehatan, pilar CSR Pertamina lainnya adalah Pendidikan, Lingkungan Hidup, dan Pemberdayaan Masyarakat.

Rustam menambahkan, bahwa selain menjalankan tugas utama untuk melayani kebutuhan energi, Pertamina selalu melaksanakan program-program sosial yang memberikan dampak positif, khususnya untuk masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.

“Kami berharap kegiatan ini dapat mengedukasi anak-anak, khususnya di Tuban, untuk lebih peduli kepada kesehatan gigi dan mulut sejak dini, agar mempunyai senyum sehat dan cemerlang,” ungkap Rustamaji selaku Unit Manager Communication, Relations, dan CSR Pertamina MOR V yang hadir dalam kesempatan itu.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar