Peristiwa

PCNU Bojonegoro Imbau Jamaah Melakukan Salat Gerhana

Bulan

Bojonegoro (beritajatim.com) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Bojonegoro mengimbau kepada seluruh pengurus MWC NU dan Pengurus Ranting NU se-Cabang Bojonegoro bersama dengan masyarakat untuk menggelar salat gerhana, Rabu (26/5/2021).

Ketua PC NU Kabupaten Bojonegoro Kholid Ubed mengatakan, imbauan salat gerhana itu merujuk pada hisab Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama Cabang Bojonegoro yang dipemaklumkan kepada masyarakat akan terjadi gerhana bulan total pada Rabu Pahing 26 Mei 2021.

“Pelaksanaan salat gerhana bulan (khusuf) bisa dilakukan setelah salat Magrib hingga waktu akhir umbra pukul 19.52 WIB di masing-masing jamaah,” ujarnya saat dihubungi reporter beritajatim.com.

Sekadar diketahui gerhana bulan total atau disebut dengan ‘Super Flower Blood Moon’ ini bisa disaksikan mulai pukul 18.09 WIB hingga 20.51 WIB. Saat puncak gerhana bulan total terjadi, hampir seluruh wilayah Indonesia dapat menyaksikannya.

Gerhana Bulan Total ini dapat dilihat jika kondisi cuaca cerah-berawan dan aman disaksikan masyarakat dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kaca mata khusus gerhana.

Salah seorang warga Bojonegoro, Olyvia mengaku sudah menantikan hadirnya gerhana bulan total tersebut. Dia mengaku ingin melihat gerhana secara langsung dan melaksanakan salat gerhana. “Pengen lihat gerhana bulan dan salat gerhana, karena fenomena ini langka,” ujarnya. [lus/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar