Peristiwa

Paus Orca Pembunuh Terdampar Di Kawasan Pantai Bangsring

Banyuwangi (beritajatim.com) – Seekor Paus Orca terdampar di pantai Dusun Krajan 1 Kemenduran, Desa Bangsring Kecamatan Wongsorejo. Paus berukuran besar dengan berat sekitar 15 Kuintal dan panjang 6 meter itu menepi dalam kondisi mati.

“Saya selaku warga Bangsring merasa sangat terganggu dengan aroma bau busuk dari paus yang telah mati ini mengingat hewan ini adalah hewan yang dilindungi saya tidak berani mengambil tindakan. Akhirnya saya menelpon Pak Babinsa untuk melakukan tindakan dan langkah selanjutnya,” ungkap Asep salah seorang warga, Sabtu (3/4/2021).

Selanjutnya, Serka Nurhadi selaku Babinsa Desa Bangsring datang ke lokasi. Saat itu, kondisi ikan dengan corak hitam dan putih itu memang dalam kondisi mati. “Sekitar pukul 12.30 WIB tadi siang ada laporan warga bahwa di pesisir wilayah pantai Bangsring ada ikan paus. Kami sudah melaporkan kepada Dandim 0825/Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto untuk minta petunjuk. “Kami juga butuh kerja sama dengan dinas terkait terutama pihak BKSDA ataupun Kepolisian mungkin itu tentang proses hukum dan administrasinya,” terangnya.

Sementara itu, Danramil 0825/25 Kapten Inf Sutomo mengatakan, paus jenis Orca merupakan biota laut yang dilindungi. Keberadaannya tidak boleh ditangkap apalagi dikonsumsi, terlebih dilindungi Undang-undang.Apabila warga menemukan hewan-hewan yang dilindungi segera lapor dengan pihak terkait seperti Babinsa dan BKSDA,” pungkasnya. (rin/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk