Peristiwa

Patroli Gabungan Cegah Karhutlah di Hutan Lindung Precet

Malang (beritajatim.com) – Precet adalah kawasan hutan lindung di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Precet juga penyanggah ekosistem flora dan fauna di lereng Gunung Kawi. Terdapat hutan Pinus Precet yang cukup luas ditempat itu.

Guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah), petugas Polsek Wagir bersama Perhutani Malang, melakukan patroli khusus dengan menelusuri puluhan hektar hutan precet. Memastikan agar tidak terjadi kebakaran hutan.

Kapolsek Wagir AKP Mei Suryaninhsih mengatakan, patroli gabungan berada di kawasan hutan lindung precet di Desa Sumbersuko, Wagir. “Antisipasi kebakaran hutan di wilayah Wagir kita turunkan petugas gabungan dari Perhutani juga. Ada beberapa titik atau petak yang kita singgahi sekaligus aman dari bahaya kebakaran hutan,” ungkap Mei, Jumat (9/8/2019).

Patroli gabungan di pos pendakian petak 184A dipimpin langsung Kapolsek Wagir. Di lanjutkan penyampaian tehnis dan rute oleh KRPH Wagir. Patroli di ikuti Asisten Perhutani Wagir, Koramil Wagir, LMDH di desa setempat, tim RAPI dan masyarakat sekitar kawasan hutan.

“Patroli beat 1 dengan cakupan 3,1 hektar, tujuan sampai rest area pos pantau 187E. Kemudian Patroli beat 2 dengan cakupan 24 hektar tujuan rest area pos pantau 186E. Patroli beat 3 dengan cakupan 17 hektar tujuan rest area pos pantau 186A,” tegas Mei.

Ia menambahkan, untuk patroli beat 4 cakupannya 3 hektar tujuan rest area pos pantau 186C. “Selama patroli menyusuri hutan, tidak kami dapatkan titik-titik api di dalam hutan maupun lahan,” pungkas Mei. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar