Peristiwa

Paskah, Polresta Malang Kota Sterilkan Gereja Hindari Ancaman Teroris

Polresta Malang Kota melakukan sterilisasi bersama Tim Jihandak Brimob Polda Jatim.

Malang(beritajatim.com) – Polresta Malang Kota melakukan sterilisasi gereja pada dini hari Minggu, (4/4/2021) untuk menghindari ancaman terorisme. Sterilisasi dipimpin oleh Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata.

Polresta Malang Kota melakukan sterilisasi bersama Tim Jihandak Brimob Polda Jatim sejak pukul 03.30 WIB. Ada 3  gereja yang menjadi skala prioritas sterilisasi. Yaitu Gereja Idjen , Gereja Kayu Tangan , dan Gereja Albertus.

Kasubbag DalOps Polresta Malang Kota, AKP Sutomo, juga ikut dalam sterilisasi ini. Dia mengungkapkan, tiga gereja ini menjadi prioritas berdasarkan faktor letaknya. Menurutnya, sesuai dengan SOP kepolisian, gereja  harus steril sebelum digunakan untuk perayaan paskah.

“Sterilisasi kami lakukan baik di bagian luar maupun bagian dalam. Untuk bagian luar, dilakukan oleh K9 Polresta Malang Kota. Sedangkan untuk bagian dalam gereja ada penjinak bom dari Gegana Brimob Polda Jatim yang melakukan sterilisasi secara insentif,” kata Sutomo, Minggu, (4/4/2021).

Sejak Jumat, (2/4/2021) mereka telah melakukan pengamanan di sejumlah objek vital dan gereja di Kota Malang. Pasukan Brimob dan anggota Polresta Malang Kota bersiaga dengan senjata  lengkap mengamankan seluruh gereja di Kota Malang.

“Kami sebar pasukan  melakukan pengamanan baik tertutup maupun terbuka selama 24 Jam, untuk mengantisipasi   kejadian yang tidak diinginkan. Pasukan bersenjata lengkap untuk menjamin keamanan jemaat saat beribadah, maupun ibadah telah usai. Kami amankan gereja di Kota Malang, tiga hari berturut-turut sejak Jumat,” tandasnya. (luc/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar