Peristiwa

Pasien PDP Sumenep Meninggal, Dimakamkan Sesuai SOP Covid-19

Sumenep (beritajatim.com) – Seorang pasien RSUD dr. H. Moh. Anwar berinisial US, warga Kecamatan Kota Sumenep, dimakamkan sesuai standar Covid-19, meski yang bersangkutan belum sempat dilakukan tes swab.

Ketua Tim Kewaspadaan Covid-19, dr Andre Dwi Wahyudi menjelaskan, pasien tersebut masuk rumah sakit dengan keluhan nyeri perut dan hipertensi. “Namun dari hasil pemeriksan, ditemukan gejala sesak napas. Kami mencurigai pasien ini menderita pneumonia atau radang paru-paru. Itu salah satu gejala terpapar Covid-19,” katanya, Minggu (17/5/2020).

Karena itu, disepakati untuk melakukan rapid test terhadap pasien tersebut. Ternyata hasilnya reaktif. Selain itu, hasil rontgen juga menunjukkan ada radang paru-paru. Karena itu, yang bersangkutan dimasukkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).

“Namun tak berselang lama setelah dirawat di RSUD, pasien itu meninggal. Jadi belum sempat dilakukan swab,” ujarnya.

Pemakaman terhadap pasien tersebut dilaksanakan sesuai standar pemakaman Covid-19, meski yang bersangkutan belum sempat dilakukan tes swab. “Langkah berikutnya dari kami dari tim covid adalah melakukan tracing pasien tersebut. Karena diduga, pasien terpapar dari keluarga di luar Sumenep,” ucapnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar