Peristiwa

Video Viral Jombang

Pasien Covid-19 Makan Mie Mentah, Ini Penjelasan Gugus Tugas

Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran

Jombang (beritajatim.com) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jombang memberikan penjelaskan soal video viral yang berisi keluhan pasien Covid terkait minimnya fasilitas di ruang isolasi. Utamanya tidak adanya air bersih dan fasilitas memasak.

“Memang, kendala air sudah terjadi sejak STIKES Pemkab Jombang digunakan sebagai rumah isolasi Covid-19, akhir Mei lalu. Masalah air tersebut kembali muncul ketika ruang isolasi dihuni 75 pasien,” kata Kordinator Penanganan Covid, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jombang, dr Pudji Umbaran, Senin (8/6/2020).

Pudji menjelaskan, saat awal digunakan, pasien positif Covid yang menghuni ruang isolasi tersebut antara 15-20 orang. Saat itu kebutuhan air masih tercukupi. Namun seiring laju waktu, jumlah pasien Covid-19 terus bertambah. Bahkan saat ini, STIKES Pemkab Jombang itu dihuni 75 pasien.

Tentu saja, kebutuhan air bersih untuk mereka juga meningkat tajam. Hal itu berakibat berkurangnya debit air. “Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kami sudah meminta agar dilakukan pengeboran sumur baru,” kata Pudji yang juga Direktur RSUD Jombang ini.

Bagaimana dengan fasilitas untuk memasak? Pudji menjelaskan, peralatan masak seperti kompor memang tidak disediakan di tempat isolasi. Hal itu mengingat bahwa potensi terjadinya kebakaran. Sebagai gantinya, lanjut Pudji, Gugus Tugas memberikan makanan ekstra atau makanan tambahan.

“Sedangkan makanan pokok, Pemkab Jombang sudah mencukupinya dengan jadwal makan 3 kali sehari. Kemudian ada ekstra fooding atau makanan ekstra. Makanan ini kami tambahkan untuk melengkapi makanan pokok yang kami kirimkan tiga kali sehari,” pungkas Pudji.

Seperti diberitakan, sejumlah pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani isolasi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Pemkab Jombang, melancarkan protes. Mereka mengeluhkan fasilitas. Di antaranya, tidak adanya air bersih.

Sejumlah pasien Covid-19 di ruang isolasi STIKES Pemkab Jombang sedang mengganyang mie mentah. [Foto/tangkapan layar]
Sehingga untuk mandi dan memasak mereka kesulitan. Hal itu terungkap dalam tayangan video uang viral melalui media sosial. Terdapat dua video yang sudah tersebar, pertama dengan durasi 31 detik dan yang kedua 20 detik.

Dalam video pertama terlihat 5 orang berada di ruangan. Masing-masing memegang satu bungkus mie instan. Sejurus kemudian seorang perempuan mengenakan daster warna coklat berteriak minta tolong karena tidak bisa memasak.

Keluhan serupa juga dilontarkan oleh seorang pria yang ada di video tersebut. “Tolong, kami kelaparan. Mau masak Supermi tidak ada kompor. Tidak ada air. Ini makan mie mentah. Ya Allah, tolong,” ujar perempuan tersebut sembari mengganyang mie instan yang dia pegang. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar