Peristiwa

Pasca Hujan, Muncul Rekahan Tanah di Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Warga Dukuh Kalisobo Desa Grogol Kecamatan Sawoo dihebohkan dengan adanya rekahan tanah yang ada didepan rumah warga setempat bernama Slamet (49).

Rekahan yang berukuran panjang 20 meter dengan lebar 10 centimeter tersebut juga mengakibatkan tembok belakang rumah dan dapur mengalami keretakan.

”Laporan dari warga rekahan ini timbul setelah hujan yang mengguyur wilayah tersebut pada Kamis (12/12/2019) kemarin,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono, Jumat (13/12/2019) sore.

Kemungkinan, Budi menganalisis rekahan itu muncul saat hujan deras masuk pada retakan kecil yang terjadi pada musim kemarau. Jadi karena mendapat air hujan, retakan kecil itu membesar menjadi rekahan yang lebih besar dibandingkan dengan yang sebelumnya.

”Namun kejadian ini tetap akan kami konsultasikan kepada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung,” katanya.

Budi menambahkan jika rekahan yang terjadi di Dukuh Kalisobo masih sejalur dengan rekahan yang muncul di bukit di wilayah Kabupaten Trenggalek. Untuk itu dirinya menghimbau kepada warga disekitar lokasi untuk selalu waspada. Karena hujan pastinya akan mengguyur lagi wilayah tersebut. Selain itu pihaknya akan menutup rekahan dengan tanah, itu dilakukan supaya air hujan yang turun nanti, tidak lagi masuk ke rekahan tersebut.

”Saya harap warga lebih waspada saat hujan turun,” pungkasnya.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar