Peristiwa

Pasar Tuban Mulai Dibuka, Pedagang Bersihkan Sisa-sisa Kebakaran

Tuban (beritajatim.com) – Ratusan pedagang yang mempunyai kios dan juga lapak di area pasar Baru Tuban yang telah hangus rata dengan tanah setelah mengalami kebakaran pada Selasa lalu hari ini mulai bisa masuk ke area bekas kebakaran, Jumat (6/3/2020).

Para pedagang nampak bingung mencari kios maupun lapak mereka yang tinggal nenyisakan arang lantaran dilalap si jago merah itu. Mereka hanya mengaku pasrah melihat kondisi barang yang sudah tidak ada lagi yang tersisa setelah kebakaran itu.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, petugas kepolisian dari jajaran Polres Tuban telah membuka garis polisi yang ada di pintu depan bagian utara pasar Baru Tuban itu. Pihak pasar sendiri telah memperbolahkan masuk ratusan pedagang yang memang terdata memiliki kios di dalam pasar tradisional itu.

Sejumlah pedagang tampak kebingunan mencari kios meraka yang sudah sulit di kenali lantaran hangus semua bagian bangunan serta semua barang-barangnya. Sedangkan mereka yang sudah menemukan kiosnya secara suka rela langsung melakukan pembersihan puing-puing bangunan yang tersisa.

“Milik saya sama sekali tidak ada yang tersisa, ludes semua. Tinggal sisa itu (potongan pakai yang sisa terbakar dan kerangka kipas angin,” ujar Alwi, salah satu pedagang yang ada di lokasi pasar Baru Tuban yang ludes terbakar itu.

Melihat kondisi kios yang sudah hangus terbakar itu, ratusan pedagang hanya bisa pasrah dan berusaha mencari sisa-sisa barang yang mungkin masih tertinggal. Mereka hanya berharap supaya pihak pemerintah segera menyediakan tempat bagi para pedagang itu supaya bisa kembali berjualan.

Sementara itu, Agus Wijaya, selaku Kepada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Tuban menyatakan bahwa pasca peristiwa kebakaran itu pihaknya akan menyiapkan tempat penjualan sementara. Yang mana akan disiapkan tempat berjualan sementara yang bisa menampung sebanyak 640 pedagang tradisional.

Hal itu diputuskan setelah dilakukan pertemuan berikut pembahasan antara Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) dengan 20 perwakilan pedagang Pasar Baru Tuban yang ada di jalan Gajah Mada, Kota Tuban.

“Kami akan menyiapkan TPS (tempat penjualan sementara) untuk 640 pedagang. TPS itu akan diletakan di sisi-sisi pasar, dan untuk parkiran direncanakan dipindah ke area parkir wisata religi Sunan Bonang,” terang Agus Wijaya, Kepala Diskoperindag Kabupaten Tuban. [mut/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar