Peristiwa

Pasang Tarif Parkir di KBS Rp 50 Ribu Kena Pasal Pungli? Ini Penjelasan Polisi

Juru parkir nakal yang memasang tarif sampai Rp 50 Ribu dapat binaan dari Polsek Wonokromo, Surabaya, Sabtu (28/12/2019).

Surabaya (beritajatim.com) – Polisi menangkap juru parkir liar di Kebun Binatang Surabaya, Jawa Timur sejak Sabtu (28/12/2019).

22 juru parkir liar itu ditangkap karena menarik tarif yang mencapai Rp 50.000 per mobil pengunjung di kawasan Kebun Binatang Surabaya.

Satu per satu juru parkir liar di kawasan Kebun Binatang Surabaya ini diinterogasi oleh polisi.

Mereka diinterogasi karena juru parkir ini dikeluhkan oleh pengunjung Kebun Binatang Surabaya.

“Juru parkir ilegal ini umumnya menarik tarif parkir yang lebih mahal dari parkir resmi. Juru parkir ini diduga memanfaatkan momen libur Natal dan Tahun Baru 2020 yang berdampak pada banyaknya pengunjung Kebun Binatang Surabaya,” jelas Iptu Arie Kanit Reskrim Polsek wonokromo, Surabaya kepada beritajatim.com, Minggu (29/12/2019).

22 juru parkir ilegal ini pun dibawa ke Polsek Wonokromo untuk menjalani pemeriksaan.

Meski bisa dikenai pasal tentang pungutan liar, 22 jukir ini pun hanya mendapatkan binaan dan dipulangkan.

Seperti yang diketahui dalam pasal 368 ayat (1) KUHP menjelaskan barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum dan memaksa seorang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan untuk memberikan barang sesuatu bisa dipidana penjara sampai sembilan tahun.

“Gak (dikenai pasal pungli.red) hanya tipiring saja dan mendapatkan binaan,” lanjut Iptu Arie.

Sementara menurut pengamatan beritajatim.com, kawasan KBS pun mulai tertip dan tak ada pungli parkir hingga Rp 50 ribu per mobil lagi. (man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar