Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Panen Raya, Ketua KTNA Jatim Sumrambah Beberkan Keunggulan Program Makmur

Katua KTNA Jatim Sumrambah (empat dari kanan) bersama petani dari perwakilan PT Pupuk Kaltim

Jombang (beritajatim.com) – Hamparan sawah seluas 30 hektar di Desa Pacarpeluk, Kecamatan Megaluh, Jombang, Jawa Timur nampak menguning. Tanaman padi jenis inpari 32 tersebut sudah membungkuk karena berisi.

Lahan puluhan hektar yang ditanami padi itu merupakan hasil dari Program Makmur (Mari Kita Majukan Usaha Rakyat) yang digagas PT Pupuk Indonesia bekerjasama dengan KTNA (Kontak Tani dan Nelayan Andalan) Jawa Timur. Penanaman dimulai pada Januari lalu di Desa Pacarpeluk.

Walhasil, seiring laju waktu, padi tumbuh dengan sehat. Anakannya tumbuh banyak. Hingga akhir April, hamparan padi tersebut siap untuk dipanen. “Hari ini kita melakukan panen raya di Desa Pacarpeluk. Padinya sangat bagus,” kata Ketua KTNA Jatim Sumrambah, Senin (25/4/2022).

Selain Ketua KTNA Jatim, panen raya di Desa Pacarpeluk itu juga dihadiri Komisaris PT Pupuk Kaltim (PKT) Gustaf Ace Pati, Kepala Cabang Bank BNI Jombang Priyo Purwono, Kepala Dinas Pertanian Jombang Much Rony, serta Ketua Program Makmur Jombang Sukriadi.

“Kami mengajak para petani yang ada di Kabupaten Jombang untuk bergabung pada program Makmur Pupuk Indonesia. Karena program ini memberikan banyak manfaat baik dari segi produktivitas dan penghasilan. Melalui¬†program Makmur, petani mendapatkan kemudahan akses permodalan,” kata Sumrambah yang juga Wakil Bupati Jombang ini.

Sumrambah mengatakan bahwa pendanaan program tersebut salah satunya dari perbankan BUMN. Hal itu untuk pembelian pupuk, benih, pestisida, serta kawalan tekonologi budidaya seperti penyemprotan menggunakan drone. Selain itu juga adanya jaminan offtaker, hingga asuransi bila terjadi gagal panen.

“Asuransi ini agar supaya petani merasa aman dan tidak was-was kalau gagal panen. Ada asuransinya, yakni Jasindo. Kalau gagal panen, para petani yang mengikuti program Makmur merasa tenang karena ada jaminan asuransi. Jadi tidak ada ruginya ikut program ini,” kata Sumrambah. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar