Peristiwa

Panen Raya di Jombang, Mentan Berharap Bulog Serap Hasil Panen Petani

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo saat memantau padi siap panen di Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Jombang, Sabtu (27/3/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo, berharap Perum Bulog menyerap hasil panen padi petani. Selain itu, penyerapan juga bisa dilakukan oleh BUMN lainnya, serta pihak swasta.

Hal itu diungkapkan Mentan saat menghadiri panen raya padi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Sabtu (27/3/2021). “Kita berharap produktifitas bisa tetap menjaga stabilitas harga yang ada, sesuai dengan HPP (harga pokok pembelian) pemerintah yang sudah ditetapkan,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Mentan juga berharap agar pembelian tersebut tidak di bawah HPP. “Tentu harus sesuai aturan. Dalam HPP tersebut aturannya juga jelas,” kata Mentan.

Syahrul Yasin Limpo meminta agar gubernur dan bupati di masing-masing daerah ikut aktif mengawasi. Semua harus kerjasama dengan baik. Karena pada era sekarang ini, lanjut Mentan, hanya sektor pertanian yang masih terus berproduksi.

“Oleh karena itu kita harus tetap menjaga semangat yang ada di pertanian. Semangat bertani, semangat bercocok tanam,” kata Mentan sembari mengatakan bahwa hasil produksi pertanian secara nasional cukup bagus.

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat menggunakan mesin combine untuk memanen padi di Jombang, Sabtu (27/3/2021)

Dalam panen raya tersebut, Mentan RI yang didampingi sejumlah pejabat menaiki combine harvester di area perswahan. Mesin tersebut bergerak di sawah yang siap panen. Combine merupakan mesin untuk memotong, memegang, merontok dan membersihkan, yang dilakukan sekaligus. Tanaman padi yang berdiri tegak, langsung masuk ke mesin tersebut, lalu keluar lagi sudah dalam bentuk biji.

Selain mengunjungi Desa Kedungrejo, Mentan RI juga mengunjungi sejumlah tempat lainnya di Jombang. Di antaranya, menyampakan orasi ilmiah di acara wisuda Universita Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar