Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Pandemi Covid-19, Ada 82 Porsi Haji yang Dilimpahkan

Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo, Mohammad Tohari(foto/Dok.beritajayim).

Ponorogo (beritajatim.com) – Dalam dua tahun terakhir atau dalam masa pandemi Covid-19, Kantor Kementerian Agama Ponorogo menerima puluhan pelimpahan porsi haji. Catatan dari Kementerian Agama Ponorogo menyebutkan di tahun 2020 ada 7 laporan pelimpahan. Sementara di tahun 2021 terdapat
75 laporan pelimpahan.

“Jadi selama pandemi Covid-19 atau dua tahunan ini sudah ada 82 pelimpahan porsi haji,” kata Kepala pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo, Mohammad Tohari, Rabu (26/1/2022).

Alasan pelimpahan porsi haji ini pun bermacam-macam. Ada yang bersangkutan sudah meninggal dunia, dan ada juga yang mengalami sakit menahun. Pelimpahannya pun biasanya kepada istrinya, pun anaknya dan bisa jadi keluarga lainnya.

“Biasanya dilimpahkan ke anggota keluarga. Ada yang karena sakit hingga meninggal dunia,” ungkapnya.

Tohari menyebut jika syarat yang menerima limpahan porsi haji ini hendaknya minimal berusia 12 tahun. Jika ada pelimpahan kepada anak yang belum sampai umur 12 tahun, harus menunggu dulu baru diproses pelimpahannya. Dia menyebut saat pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu, ada 1442 calon jemaah haji yang mendaftarkan diri ke Kantor Kementerian Agama Ponorogo. Jumlah pendaftar turun di tahun berikutnya, tahun 2021 hanya 964 calon jemaah haji.

“Yang daftar haji tahun lalu hanya 968 jemaah. Sedangkan di tahun 2020 ada sekitar 1442 jemaah,” pungkasnya. [end/but]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar