Peristiwa

Pandemi, 755 Pekerja Migran Indonesia Pulang Kampung ke Magetan

Bupati Magetan Suprawoto bersama Forkopimda saat mengikuti vidcon dengan Pemprov Jatim di Ruang Eksekutif Polres Magetan, Senin (26/4/2021). (Foto/Prokopim Magetan).

Magetan (beritajatim.com) – Di masa pandemi ini, sebanyak 755 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Magetan akan dipulangkan ke Indonesia. Hal tersebut dikarenakan masa kontrak dua tahunan mereka telah habis.

“PMI dari Magetan sendiri ada 755 orang yang bekerja di berbagai negara yang dua tahun masa kontraknya telah habis akan pulang,” kata Bupati Magetan, Suprawoto usai vidcon terkait kepulangan PMI di Ruang Eksekutif Polres Magetan, Senin (26/4/2021).

Ia menambahkan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ada beberapa prosedur ketat terkait proses pemulangan PMI asal Magetan tersebut. Diantaranya, telah dinyatakan negatif Covid-19 sebelum terbang ke Indonesia, lalu sesampainya di Indonesia akan dilakukan beberapa swab test lagi.

“Untuk mengantisipasi jika ada PMI positif Covid-19, mengingat di luar negeri sedang marak kasus penambahan Covid-19 dan adanya mutasi virus baru,” papar Bupati Magetan.

Berdasarkan arahan Pemprov Jatim, PMI yang tiba di Indonesia memang harus melakukan serangkaian screening Covid-19, untuk memastikan mereka benar-benar terbebas dari Covid-19 sebelum pulang ke daerah masing-masing.

“Tiba di Indonesia akan langsung di swab, dan jika dinyatakan negatif Covid-19 akan dipulangkan ke daerahnya masing – masing lalu kembali di isolasi selama tiga hari. Untuk yang positif Covid-19 akan menjalani karantina di Asrama Haji,” tutup orang nomor satu di Pemkab Magetan ini. [asg/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar