Peristiwa

Pakai Tandu, Banser Jombang Evakuasi Ibu Hamil dari Lokasi Banjir

Banser Jombang sedang mengevakuasi ibu hamil dari lokasi banjir di Desa Gondangmanis, Jumat (5/2/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Sejumlah anggota Banser (Barisan Ansor Serbaguna) membantu korban banjir di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang, Jumat (5/2/2021). Mereka mengevakuasi para warga dari rumahnya menuju lokasi pengungsian.

Termasuk mengevakuasi seorang ibu hamil ke lokasi yang aman. Ibu hamil tersebut dinaikan ke atas amben atau ranjang bambu. Kemudian di tiap pojok ranjang tersebut ada anggota banser memikulnya. Ibu hamil ini ditandu dari rumahnya menuju lokasi lebih aman. Para anggota Banser menerabas genangan air setinggi paha. Mereka bergerak perlahan-lahan menyibak genangan air. Tentu saja, aksi dramatis ini mengundang perhatian warga lainnya.

Selain membantu evakuasi pengungsi, Banser Jombang juga mendirikan posko bencana di Desa Gondangmanis. Serta menyalurkan bantuan untuk para pengungsi tersebut. Itu karena banjir yang menerjang Dusun Manisrenggo, Desa Gondangmanis, terus mengalami kenaikan.

Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Jombang H. Zulfikar Damam Ikhwanto mengatakan, pihaknya memang meminta semua kadernya untuk menyiagakan posko bencana. Posko tersebut akan beroperasi 24 jam. Ratusan Banser sudah berada di lokasi. Mereka berasal dari PAC Ploso, PAC Perak, dan tentunya PAC Bandar Kedungmulyo.

“Para anggota Banser juga kita terjunkan ke lokasi bencana untuk membantu warga. Kita juga mendirikan posko bencana. Termasuk banjir di Desa Gondangmanis ini banyak Banser yang turun membantu. Salah satunya membantu ibu hamil keluar dari lokasi banjir. Karena skala priaritasnya memang ibu hamil, lansia, serta anak-anak,” kata Gus Antok, sapaan akrab Zulfikar.

Selain itu, lanjutnya, Ansor Jombang, memberangkatkan bantuan logistik untuk korban bencana banjir di Gondangmanis. Bantuan tersebut bukan berasal dari dirinya secara pribadi, melainkan dari kepedulian dan dihimpun dari solidaritas semua kader Ansor di Kabupaten Jombang.

Relawan bencana dari Ansor Jombang berada di Posko Bencana Desa Gondangmanis, Jumat (5/1/2021)

“Tadi siang bantuan logistik kita kirim. Alhamdulillah dalam tempo kurang dari 24 Jam, semua kader Ansor dapat terkumpul bantuan yang luar biasa banyak. Bantuan sosial ini terdiri dari alat kebersihan, beras, mie instan, telur, sabun cuci piring, minyak goreng, baju layak pakai, dan masker medis,” katanya.

Sebelumnya, kata Gus Antok, pihaknya juga menyerahkan bantuan untuk korban banjir bandang di Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng. Bantuan itu diserahkan kepada Ketua Ranting NU Desa Banjaragung di posko bencana PAC GP Ansor Kecamatan Bareng di halaman Yayasan Al Ihsan atau belakang balai desa Banjaragung.

Selain menyerahkan bantuan, dalam kesempatan ini pula Ketua PC GP Ansor Jombang berserta rombongan dengan didampingi ketua ranting NU Banjaragung meninjau lokasi bencana dan menyapa warga yang terdampak. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar