Peristiwa

Paguyuban Marga Tionghoa Bagikan 2000 Paket Sembako

Seorang warga difabel menerima paket sembako dari pengurus PSMTI Jombang, Selasa (5/5/2020). [Foto/Yusuf Wibisono]

Jombang (beritajatim.com) – PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia) Jombang menyelenggarakan bakti sosial dengan membagikan 2.000 paket sembako kepada warga Jombang yang membutuhkan. Acara tersebut sebagai upaya membantu warga yang terdampak Covid-19 dan kepedulian antar sesama.

“Selain sembako, kami juga membagikan masker dan hand sanitizer untuk warga yang membutuhkan. Sebanyak 2000 paket sembako tersebut kota bagikan secara bertahap. Sebagai permulaan pembagian kita lakukan di balai desa Kepatihan, Jombang Kota,” ujar Ketua PSMTI Toni Harsono, Selasa (5/5/2020).

Toni menjelaskan, PSMTI menghimpun dana dari donatur, kemudian dibelikan beras, minyak goreng, serta kecap. Selanjutnya, sembako tersebut dibagikan kepada warga yang membutuhkan. Utamanya, mereka yang terdampak Covid-19 atau virus corona.

“Namun demikian, yang kita utamakan menerima bantuan adalah anak yatim dan kelangan difabel. Semoga apa yang kita berikan ini bisa meringankan beban mereka. Karena dalam situasi pandemi ini banyak warga yang kehilangan mata pemcaharian,” kata pria yang memiliki nama Tinghoa Tok Hok Lay ini.

Wakil Ketua PSMTI Kabupaten Jombang Yesaya Yoga menambahkan, kegiatan yang dilakukan PSMTI merupakan aksi kemanusiaan. Tujuannya, membantu masyarakat yang kurang mampu. “Pada awal kegiatan ini, kita lebih memprioritaskan warga yatim piatu dan disabilitas,” ujar Yesaya.

“Namun, untuk kedepannya, akan dilebarluaskan jangkauan pembagian sembakonya. Dan diharapkan, memutus stigma, bahwasanya tidak ada sekat-sekat antara Tionghoa dan suku lain dalam bermasyarakat,” sambungnya.

Pembagian sembako di kantor Desa Kapatihan ini mendapatkan apresiasi dari Wakil Bupati Jombang Sumrambah. Bahkan orang nomor dua di Kabupaten Jombang ini hadir di lokasi acara. “Apa yang dilakukan PSMTI ini sangat bermanfaat,” ujar Sumrambah.

“Karena dalam kondisi seperti ini membangun solidaritas antar sesama memang sangat dibutuhkan. Mari kita saling menguatkan. Mari kita saling peduli,” tambah Wakil Bupati Jombang ini. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar