Peristiwa

Pagi Ini, Dua Dusun di Jombang Masih Tergenang

Jombang (beritajatim.com) – Banjir yang menerjang sejumlah desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo berangsur surut. Hingga pagi ini, Jumat (12/2/2021), hanya dua dusun yang masih tergenang. Masing-masing Dusun Kedunggabus, Desa Bandar Kedungmulyo dan Dusun Simo, Desa Pucangsimo.

Di Dusun Kedunggabus ketinggian air sekitar 50 centimeter dengan tren surut. Meski warga yang mengungsi di sepanjang tanggul sungai, namun mereka menyempatkan diri ke rumah untuk bersih-bersih. Mereka belum berani tinggal di rumah, karena khawatir debit air meningkat lagi.

“Air berangsur surut. Tapi kami belum berani pulang. Takut kalau airnya naik lagi seperti kemarin. Kalau dusun lainnya sudah surut,” kata Ny Muhaimin ketika berada di posko bencana, Jumat pagi.

Meski belum berani menempati rumah, namun kehidupan di Dusun Kedunggabus mulai terlihat hidup. Anak-anak kecil terlihat bermain air di teras-teras rumah. Sejumlah remaja juga naik rakit batang pisang di jalanan dusun yang masih terendam air setinggi lutut.

Sedangkan di sepanjang tanggul sungai, para pengungsi membuka pagi dengan duduk-duduk di dekat tenda. Ada yang menikmati sarapan, ada juga yang sekadar jalan-jalan di tanggul. Di sudut lainnya bapak-bapak sibuk memberi makan hewan ternak.

Sepervisor Pusdalops BPBD (Badan Penaggulangan Bencana Daerah) Jombang Stevi Maria mengatakan, sebelumnya ada 12 dusun yang terendam. Namun saat ini 10 dusun sudah surut. Jadi hanya 2 dusun yang masih tergenang.

“Jadi saat ini hanya dua dusun yang tergenang, yakni Dusun Kedunggabus dan Dusun Simo. Tren airnya juga surut,” pungkas Stevi ketika dikonfirmasi. [suf/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar