Peristiwa

Padamkan PJU Selama PPKM Mikro, PLN Jombang Terancam Digugat

Aktivis FRMJ menggalang koin untuk menggugat PLN Jombang, Rabu (17/2/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Puluhan warga Jombang mendatangi kantor PLN (Perusahaan Listrik Negara) Jombang. Mereka mengancam menggugat badan usaha milik negara itu. Alasannya, PLN melakukan pemadaman PJU (penerangan jalan umum) di Kota Jombang selama PPKM (pemberlakuan kegiatan masyarakat) skala mikro.

Pemadaman tersebut sudah berlangsung selama tiga hari ini. PJU dipadamkan mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB. Pemadaman tersebut berakhir pada 22 Februari 2021. “Ini merugikan rakyat.

Para PKL (pedagang kaki lima) kesulitan berjualan. Jalanan yang gelap juga membahayakan pengguna, karena banyak lubang yang tak terlihat,” kata kordinator aksi, Djoko Fatah Rachim, Rabu (17/2/2021).

Fatah juga menyayangkan kebijakan PLN melakukan pemadaman tersebut. Pasalnya, setiap membayar rekening listrik, pelanggan juga ditarik pembayaran PJU. Namun ironis, seiring pemberlakuan PPKM mikro, PJU justru dipadamkan. Dalam aksinya, Fatah dan massa aksi lainnya melakukan penggalangan koin untuk menggugat PLN Jombang.

Di depan kantor PLN massa yang mengatasnamakam FRMJ (Forum Rembuk Masyarakat Jombang) ini ditemui oleh manager PLN Jombang, Nuaraini. Masa berdialog dan mendapatkan penjelasan bahwa pemadaman dilakukan oleh pemerintah daerah. “Sehingga yang berwenang adalah Dinas Perhubungan Kabupaten Jombang. PJU ini bukan wewenang kita,” kata Nuraini beralasan.

Massa FRMJ saat mendatangi kantor PLN Jombang, Rabu (17/2/2021)

“PLN selama ini hanya sebagai jasa pungut. Uang pajak penerangan jalan tersebut langsung disetorkan ke pemkab. Kalau menggugat PLN itu salah alamat. Karena pemadaman listrik dan PJU adalah wewenang Pemkab,” kata Nuraini di depan massa.

Sebelumnya, massa juga mendatangi kantor DPRD Jombang terkait kebijakan tersebut. Namun DPRD mengungkpakan bahwa tidak pernah mendapatkan tembusan dari Pemkab Jombang terkait pemadaman PJU selama PPKM mikro. “DPRD belum mendapatkan tembusan dari Pemkab soal pemadaman PJU,” pungkas Fatah. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar