Peristiwa

Pabrik Teh Gucialit Lumajang Dilalap Si Jago Merah

Lumajang (beritajatim.com) – Pabrik Teh PTPN XII Kertowono – Gucialit, Kabupaten Lumajang terbakar, Senin (23/12/2019. Api berasal dari ruang dapur mesin yang menjalar ke seluruh bangunan pabrik hingga ludes.

Bangunan bersejarah era kolonialisme terbakar usai mesin pabrik mengolah teh. Kemudian, api muncul dari dapur dan menjalar dengan cepat ke bagian utama. “Api cepat membesar dan melalap seisi pabrik,” kata Gator, koordinator mandorer Pabrik Teh Kertowono pada wartawan.

Api yang cepat membesar dan tidak bisa dikendalikan oleh karyawan pabrik sehingga menghubungi mobil pemadam kebakaran di Dinas Satpol PP Kabupaten Lumajang.

Api bukan malah mengecil saat mobil pemadam datang. Namun, terus membesar di dalam pabrik yang bahannya mudah terbakar. “Kita sudah berusaha memadamkan, tetapi didalam pabrik mudah terbakar sangat menyulitkan,” Kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Teguh Widjayanto. Akibat kebakaran pada pabrik utama, PTPN XII diduga mengalami kerugian belasan milyaran rupiah. (har/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar