Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Pabrik Kayu di Gresik Terbakar

Gresik (beritajatim.com) – Kasus kebakaran kembali terjadi di Kota Gresik. Kali ini dialami pabrik kayu PT Aneka Loka dan PT Dadi Jaya Produksi yang berlokasi di Jalan Mayjen Sungkono.

Kobaran yang terus membumbung tinggi akibat banyaknya serbuk kayu yang terbakar menyulitkan petugas pemadam kebakaran (Damkar) menjinakkan api. Sehingga, petugas mengerahkan 15 unit mobil damkar. Diduga penyebab kebakaran tersebut akibat konsleting listrik.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Gresik AH. Sinaga mengatakan, kebakaran mulai terdeteksi sekitar pukul 09.00 WIB. Bahkan, hingga sore sampai malam ini. petugas masih berjibaku melakukan pemadaman dan pembahasan agar titik api tidak muncul lagi.

“Banyak material yang mudah terbakar dengan cepat api menjalar dan menghanguskan tiga bangunan,” katanya, Minggu (8/05/2022).

Petugas damkar kesulitan memadamkan api. Diperparah tidak adanya sarana pemadam kebakaran dari pabrik. DPKP Gresik harus mengerahkan 15 kendaraan operasional. Terdiri dari 6 kendaraan pemadam dan 5 kendaraan penyuplai air. Termasuk mendatangkan 4 unit kendaraan pemadam dari PMK Kota Surabaya.

“Suplai air yang terbatas membuat petugas kewalahan memadamkan api,” ujar Sinaga.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, titik api berasal dari konsleting listrik. Kemudian percikan api menyambar serbuk kayu hingga api semakin membesar.

Kapolsek Kebomas Kompol I Made Jatinegara menyatakan api berawal dari tumpukan serbuk kayu. Faktor lainnya bisa juga karena suhu udara yang panas.

Meski demikian, pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. Pasca proses pemadaman dan dilakukan pembahasan. Petugas damkar terus mencari titik api. Sedangkan kerugian akibat kebakaran ini ditaksi ratusan juta rupiah.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” pungkas Kompol I Made Jatinegara. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar