Peristiwa

Orang Gila Diduga Bakar Hutan Kota Milik DLH Bojonegoro

Petugas sedang melakukan pemadaman hutan kota yang terbakar. [Foto: Tulus/beritajatim]

Bojonegoro (beritajatim.com) – Lahan penghijauan milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro terbakar. Lahan hutan kota tersebut berada di seputar Jalan Veteran, Desa Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro. Kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, Minggu (25/8/2019).

Kebakaran itu baru dilaporkan kepada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), sekitar pukul 11.00 WIB. Laporan dilakukan oleh seorang pegawai di DLH Bojonegoro, Marji’in. Api membakar daun-daun kering yang memenuhi lahan di bawah pohon. Setelah petugas pemadam kebakaran datang, 30 menit kemudian api berhasil dipadamkan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, Andik Sudjarwo mengatakan, pemadaman dilakukan dengan mengerahkan satu unit armada dan lima personil pemadam kebakaran pos kota. “Penyebabnya diduga dibakar oleh orang yang mempunyai gangguan jiwa,” terangnya.

Andik mengungkapkan, pembakaran sampah saat musim kemarau ini sangat berbahaya karena mudah menjalar, terlebih kalau dekat pemukiman. “Dimohon bantuan seluruh pihak untuk agar tidak membakar sampah guna antisipasi bahaya kebakaran,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah membenarkan bahwa lahan hutan kota yang berada di Jalan Veteran terbakar. Dia mengungkapkan, akan mengembangkan informasi mengenai dugaan pelaku yang sengaja melakukan pembakaran hutan kota. “Kami lihat dulu dan mengembangkan informasinya sebelum melapor ke petugas kepolisian,” katanya. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar