Peristiwa

Sumenep Bukan Wilayah PSBB

Operator Kapal Berani Angkut Penumpang ke Kepulauan

Sumenep (beritajatim.com) – Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) milik PT Sumekar tetap melayani pengangkutan penumpang ke wilayah kepulauan Sumenep dari Pelabuhan Kalianget.

“Kapal kami tetap berangkat sesuai jadwal yakni seminggu tiga kali, ke Pulau Kangean dan Sapeken,” kata Humas PT Sumekar, Eko Wahyudi, Rabu (29/4/2020).

PT Sumekar yang merupakan salah satu BUMD Sumenep menjadi operator pelayaran kapal dengan rute Pelabuhan Kalianget – Pulau Kangean – Pulau Sapeken. Ada dua kapal yang dioperasikan, yakni kapal DBS I dan DBS III.

“Kami memutuskan untuk tetap melayani angkutan penumpang ke kepulauan karena Sumenep ini kan tidak termasuk dalam wilayah yang menerapkan PSBB. Permenhub tentang pengendalian transportasi itu kan untuk daerah yang menerapkan PSBB,” papar Eko.

Sebelumnya, Kantor kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget menyatakan aktivitas angkut-muat penumpang di Pelabuhan Kalianget ditutup sementara. Penutupan aktivitas angkut penumpang berdasarkan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Namun sehari setelahnya, KSOP ‘meralat’ pelarangan itu dan mengijinkan kapal mengangkut penumpang dengan dalih khusus untuk yang pulang kampung ke pulau, bukan mudik.

Meski ada kebijakan untuk mengangkut penumpang, namun KSOP meminta agar semua operator pelayaran ke kepulauan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Kami siap untuk mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan itu untuk para penumpang kapal kami,” ucap Eko. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar