Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Operasi Pangan Murah ACT Jombang, Ada Beras Khusus untuk Penderita Stunting

Kacab ACT Jombang, Hasan (kanan) saat acara operasi pangan murah di Balai Desa Jombatan, Kecamatan Kesamben

Jombang (beritajatim.com) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jombang menggelar operasi pangan murah (OPM) di sejumlah titik. Acara yang juga melibatkan MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) ini difokuskan untuk penderita stunting.

Oleh karena itu, logistik dalam paket OPM merupakan produk unggulan yang sangat direkomendasikan untuk penderita stunting. Salah satunya beras fortivit. Beras ini berbeda dengan beras pada umumnya. Karena dalam tiap bulir beras fortivit mengandung vitamin A, B1, B3, B6, B12, Zat besi dan seng.

OPM yang diinisiasi ACT Jombang ini salah satunya digelar di Balai Desa Jombatan, Kecamatan Kesamben, Rabu (17/11/2021). Sebanyak 50 paket logistik disiapkan berupa bahan pokok khusus untuk para penderita stunting, yaitu: beras, tepung terigu, minyak goreng, dan gula.

“Kegiatan ini berkolaborsi dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat. Dukungan dari Bulog dan PT Phalosari Unggul Jaya menjadi faktor terlaksananya operasi pangan murah ini. Kami sampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut berkontribusi dalam acara ini,” ujar Kepala Cabang (Kacab) ACT Jombang, Hasan, Kamis (18/11/2021).

Hasan menjelaskan, berdasarkan data dari Dinkes (Dinas Kesehatan) Jombang tercatat 9.618 anak di Jombang menderita stunting. Stunting merupakan kondisi gizi buruk kronis yang harus segera ditangani sejak dini. Karena akibat yang ditimbulkan dari stunting adalah terganggunya pertumbuhan perkembangan otak serta terganggunya pertumbuhan dan metabolism tubuh.

“Program ini akan masif dilaksanakan untuk membantu para penderita stunting khususnya keluarga prasejahtera. Program ini tentunya membutuhkan dukungan dari banyak pihak dan sahabat dermawan. Kedepan kami berharap stunting segera ditangani sehingga tumbuhlah generasi Jombang yang sehat,” tutur Hasan.

Operasi pangan murah, kata Hasan, bukan hanya digelar di Kecamatan Kesamben. Titik selanjutnya berlanjut di Balai Desa Sumber Mulyo, Kecamatan Jogoroto. Di desa ini, sebanyak 50 paket logistik juga disiapkan untuk para penderita stunting.

“Kedermawanan sahabat sangat berperan dalam terbentuknya generasi masa depan yang lebih baik. Untuk berkontribusi dalam program ini dapat menghubungi ACT Jombang di 0822 3341 3600 atau melalui rekening BSI: 716 416 1808,” jelas Hasan.

Kader Posyandu Kesamben, Samilah, memberikan apresiasi positif keada ACT Jombang atas pelaksanaan program operasi pangan murah itu. Karena dengan acara tersebut banyak warga yang terbantu.

“Kami sampaikan terima kasih kepada tim ACT Jombang yang memberikan kontribusi pangan murah untuk warga kami, khususnya penderita stunting. Semoga kedepan acara ini terus berlanjut sehingga banyak orang terbantu,” pungkas Sumilah. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar