Peristiwa

Ombak Capai 3 Meter, Kapal DBS I Batal Berlayar

Sumenep (beritajatim.com) – Kapal Motor Dharma Bahari Sumekar (DBS) I dengan rute Pelabuhan Kalianget-Pulau Kangean, Sumenep, batal berlayar karena cuaca ekstrem.

“Semestinya kapal berangkat malam ini ke Pulau Kangean dari Pelabuhan Kalianget. Ternyata ada larangan berlayar dari KSOP Kalianget karena cuaca buruk,” kata Humas PT Sumekar, Eko Wahyudi, Jumat (3/1/2020).

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kalianget mengeluarkan larangan berlayar karena cuaca buruk. Berdasarkan informasi dari BMKG, tinggi ombak di Perairan Kangean mencapai 3 meter.

“Kalau dipaksakan berlayar, dikhawatirkan akan mengancam keselamatan penumpang. Karena itu, kami memutuskan untuk menunda pelayaran. Penundaan pelayaran tersebut dilakukan hingga cuaca laut membaik,” ujar Eko.

Ia menjelaskan, para penumpang cukup memahami keputusan penundaan pelayaran tersebut, karena berkaitan dengan cuaca. “Sebagian barang penumpang sudah ada yang masuk ke kapal. Namun karena pelayaran ditunda, ya para penumpang menunggu dulu,” terangnya.

PT Sumekar, salah satu BUMD Sumenep merupakan operator kapal DBS. Ada tiga armada kapal yang dimiliki, yakni KM DBS I, DBS II, dan DBS III. Namun hanya dua armada yang beroperasi, yakni kapal DBS I dan DBS III. Sedangkan kapal DBS II tidak dioperasikan karena kondisina sudah tidak layak. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar