Peristiwa

NU Banyuwangi Kirim Bantuan Korban Banjir Bandang Bondowoso

Banyuwangi (beritajatim.com) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PCNU Banyuwangi mengirim bantuan untuk korban bencana banjir bandang di Desa Kalisat dan Sempol, Kecamatan Ijen, Bondowoso. Bantuan itu berupa logistik bahan makanan, obat-obatan maupun pakaian bayi.

“Bantuan yang dikirim berupa sembako seperti beras, minyak goreng, mie instan, biskuit, roti, susu bayi, popok bayi, selimut, dan berbagai jenis obat-obatan. Kami berkoordinasi dengan PCNU Bondowoso apa saja yang dibutuhkan korban bencana banjir. Setelah itu kami baru lakukan eksekusi penggalangan bantuan,” ungkap Ketua PCNU Banyuwangi, H.Mohamad Ali Makki Zaini, Jumat (31/1/2020).

Bantuan ini, kata Gus Makki panggilan akrab H Mohamad Ali Makki Zaini merupakan spontanitas dari warga nahdliyin di masing-masing ranting NU dan MWCNU. Tidak hanya pengurus NU, bantuan juga berasal dari para dermawan yang digalang oleh Forum Komunikasi Kepala Desa Nahdlatul Ulama (FK2NU).

“Begitu terjadi musibah bencana banjri di Bondowoso, para kepala desa NU ini langsung dengan spontan berinisiatif mengambil bagian ikut melakukan pengalangan dana juga secara spontanitas yang disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama’ (LAZISNU) PCNU Banyuwangi. Tahap awal kami kirim bantuan di 4 mobil operasional milik NU,” ungkapnya.

Selain itu, NU Banyuwangi juga mengirimkan tenaga relawan. Di antaranya, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBINU), Banser Tanggap Bencana (Bagana) dan relawan dari MWCNU.

“Ada 16 orang personel yang terjun menyalurkan bantuan sekaligus menjadi relawan di lokasi bencana,” kata Katua LPBI NU Banyuwangi, Untung Hermawan.

Setelah diberangkatkan, bantuan yang dikirimkan datang Kamis (30/1/2020) sore. Para personel melakukan cek lokasi dan menyalurkan bantuan.

“Kita lakukan assessment di lokasi terdampak banjir bandang kemudian akan berlanjut membantu masyarakat,” pungkasnya. (rin/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar