Peristiwa

Ngamuk Rusak Fasilitas Umum, Orgil di Ponorogo Dimassa

foto: ilustrasi

Ponorogo (beritajatim.com) – Jajaran Polsek Kota pada Jumat (26/10/2019) dini hari mengamankan orang gila yang mengamuk di jalan Thamrin Kelurahan Bangunsari Ponorogo.

Orang gila yang bernama M. Maqfur itu merusak mobil yang  terparkir di jalan tersebut. Selain merusak mobil, yang bersangkutan juga merusak lampu jalan dan kaca rumah warga.

”Karena berbuat onar di lingkungan, orang gila tersebut ditangkap oleh warga yang kebetulan berjaga di pos kampling,” kata Kapolsek Kecamatan Ponorogo AKP. Haryo Kusbintoro saat dikonfirmasi¬†beritajatim.com, pada Jumat siang.

Saat diamankan oleh warga, AKP Haryo menyebut M. Magfur sempat menjadi bulan-bulanan warga yang menangkapnya. Beruntung petugas polsek kota berhasil mengamankan pelaku dari amukan para warga.

”Sebelum dibawa ke Polsek, pelaku kita bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pengobatan,” katanya.

Setelah pelaku selesai menjalani pengobatan, langsung diamankan ke Mapolsek Kecamatan Ponorogo. Disana, petugas menghubungi perangkat dan keluarga pelaku untuk menjemput. Dari keterangan keluarga, pelaku mengalami gangguan jiwa.

”Pelaku merupakan warga Desa Gandu kepuh Kecamatan Sukorejo. Kami kabari perangkat desa dan keluarganya untuk menjemput,” katanya.

Terkait proses hukum yang akan dilakukan, Haryo mengungkapkan bahwa sesuai pasal 44 KUHP, orang yang mengalami gangguan jiwa proses hukumnya gugur. Dan penyelesaiannya lewat perundingan atau kekeluargaan oleh keluarganya.

”Keluarga pelaku menerima, dan langsung membawa pulang yang bersangkutan,” pungkasnya.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar