Peristiwa

Musim Kemarau, Dinas Pemadam Kebakaran Imbau Masyarakat Lebih Waspada

Bojonegoro (beritajatim.com) – Memasuki awal musim kemarau Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro mengeluarkan surat imbauan kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya kebakaran.

“Karena suhu udara yang panas bisa menjadi picuan api cepat membesar. Sehingga yang harus kita hindari saat ini adalah penyebab terjadinya potensi kebakaran,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Gunawan, Rabu (9/9/2020).

Salah satu potensi terjadinya kebakaran sebagian besar dari akifitas rumah tangga. Seperti misalnya, instalasi listrik, meninggalkan kompor gas atau tungku masih dalam kondisi menyala, sehingga senantiasa mengecek kompor gas agar tidak bocor, membiarkan anak-anak berman sumber api, dan jangan membakar sampah.

“Tidak kalah pentingnya adalah jangan membakar sampah. Karena membakar sampah bisa berdampak pada kerusakan lingkungan, juga menjadi pemicu kebakaran yang lebih besar,” tegasnya.

Sekadar diketahui, siang tadi rumpun bambu milik Ashari (64) Warga Dusun Badug, Desa Sumuragung, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro terbakar. Kebakaran tersebut meski tidak ada korban jiwa, namun membahayakan karena lokasinya berdekatan dengan permukiman warga.

Kebakaran tersebut diduga terjadi setelah anak dari pemilik rumpun bambu sedang membakar dedaunan kering setelah bersih-bersih. Karena suhu udara yang panas dan angin bertiup kencang sehingga api merambat ke rumpun bambu yang letaknya berdekatan dengan sumber api dari sampah daun kering yang dibakar.

Api berhasil dipadamkan oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro bersama elemen masyarakat setelah dua jam kemudian. Petugas memadamkan api dengan menggunakan dua unit mobil pemadam kebakaran dengan empat personil. [lus/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar