Peristiwa

Musim Hujan, Waspadai Jalan Bergelombang di Jalur Pantura

Kondisi jalan rusak di jalur Pantura Tuban yang membahayakan

Tuban (beritajatim.com) – Pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor harus hati-hati saat melintas di jalur Pantura Tuban. Pasalnya, banyak sekali ruas jalan di jalur nasional itu yang kondisinya bergelombang dan juga sebagian berlubang.

Jalan yang berlubang tersebut sangat membahayakan lantaran rawan mengakibatkan kecelakaan. Terlebih jika kondisi jalan licin maupun tergenang air setelah terjadinya hujan.

Pantauan beritajatim.com, beberapa titik jalan yang bergelombang itu terdapat di jalan Tuban-Semarang, tepatnya di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu. Seperti di kawasan jalan sekitar Dasin dan juga di barat terminal baru Kabupaten Tuban.

“Yang parah itu sekitar pantai cemara, baratnya terminal baru. Memang banyak yang bergelombang,” terang Adam(35), salah satu pengendara sepeda motor asal Kecamatan Jenu, Selasa (8/1/2019).

Untuk menghindari kecelakaan, kondisi aspal jalan yang mengelupas dan bergelombang itu diberi tanda coretan silang putih. Hal tersebut sebagai tanda jika kondisi jalan bergelombang dan aspalnya mengelupas yang diduga akibat hujan.

“Dulu itu setahu saya awalnya berlubang, kemudian ditambal. Setelah itu sekarang malah bergelombang dan rusak,” tambah Adam yang biasa melewati jalan tersebut.

Selain di kawasan Kecamatan Jenu, jalan yang bergelombang juga terdapat di Jl Teuku Umar, Kota Tuban. Jalan tersebut juga sebagai akses jalur nasional dengan dilewati kendaraan besar yang menuju arah semarang.

“Yang di jalan dr Wahidin Sudirohusodo sebelum perempatan patung juga ada yang berlubang. Bahaya kalau habis hujan, lubangnya tidak terlihat karena terendam air,” ungkap Fauzan (27), pemuda asal Kota Tuban itu.

Sementara itu, selain di jalur barat Kota Tuban itu kondisi jalan yang bergelombang juga terdapat di timur Kota Tuban yakni jalan Tuban-Surabaya. Posisi gundukan jalan yang mengakibatkan bergelombang itu rata-rata pada titik tengah antara jalur sepeda motor dengan jalur kendaraan besar. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar