Peristiwa

Musim Hujan, Sumur Warga Sampang Belum Normal

foto/ilustrasi

Sampang (beritajatim.com) – Hujan deras selama Desember 2019, belum bisa sepenuhnya mengentaskan warga di Kabupaten Sampang, Madura, dari bencana kekeringan. Pasalnya, sejumlah sumur warga yang berada di kawasan perkotaan belum terisi air dengan normal.

“Meskipun volume hujan sudah mulai meningkat, tetapi serapan air yang masuk ke dalam sumur warga masih minim,” terang Sugik (37), warga Kelurahan Rongtengah, Sampang, Jumat (27/12/2019).

Sugik dan warga kota lainya berharap agar segera terlepas dari bencana kekeringan. Sebab, akibat minimnya air bersih yang bersumber dari sumur membuat warga harus berhemat. Semisal hanya mandi satu kali sehari.

“Kalau tidak berhemat ya harus membeli air tangki. Sedangkan untuk kawasan Kampung Babaran, mayoritas warga mengadalkan sumur untuk keperluan air bersih sehari-hari,” imbuhnya.

Terpisah, menurut Hermanto (40) warga lainnya, bencana kekeringan yang berlangsung selama 2019 ini tergolong paling lama. Sebab, pada tahun sebelumnya pada Desember air sumur milik warga mulai normal.

“Bencana kekeringan di wilayah kami sekarang ini parah sekali, mudah-mudahan tahun depan tidak terjadi lagi,” harapnya. [sar/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar