Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Munas IKABU ke-IV di Tambakberas Jombang Dihadiri 500 Peserta dari 26 Cabang

Bupati Jombang Mundjidah Wahab membuka Munas IKABU ke-IV di auditorium Madrasah Mu’allimin-Mu’allimat, PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas, Sabtu (25/06/2022)

Jombang (beritajatim.com) – Musyawarah Nasional (Munas) ke-IV IKABU (Ikatan Alumni Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas Jombang digelar selama dua hari di pesantren setempat. Pelaksanaannya Jumat (24/6/2022) hingga Sabtu (25/6/2022).

Selain memilih ketua dan pengurus periode 2022-2027, Munas ini juga menyusun program kerja organisasi selama lima tahun ke depan. Jumlah peserta Munas 500 orang dari 26 IKABU Cabang se-Indonesia. Munas dibuka Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab yang juga Majelis Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum, Tambakberas, Sabtu (25/6/2022), di auditorium Madrasah Mu’allimin-Mu’allimat.

Nyai Mundjidah Wahab meminta ketua dan pengurus periode 2022-2027 murni diisi alumni pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas. Sementara zuriyyah atau keturunan keluarga besar Bahrul Ulum dimasukkan di atas pengurus.
“Dengan begitu, IKABU bisa berkembang dan bisa meluaskan dakwahnya di masyarakat,” ujar Hj Mundjidah Wahab.

Sehingga, lanjutnya, tidak perlu ada perubahan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi. Artinya keturunan Bahrul Ulum harus terpilih dalam pengurus IKABU pada periode ini. Mundjidah juga meminta keturunan di keluarga besar Pesantren Bahrul Ulum dimasukkan, baik keseluruhan maupun perwakilan. Sebab, di pesantren itu ada empat bani. Yakni bani Wahab, bani Rohim, bani Hamid dan bani Fattah.

“Saya berharap kepengurusan tidak didominasi oleh salah satu alumni madrasah atau asrama pondok di Bahrul Ulum, semua harus dimasukkan. Sebab, yang ada adalah alumni Bahrul Ulum Tambakberas bukan dari salah satu pondok di Bahrul Ulum,” ujar putri KH Wahab Chasbullah ini.

Para pengurus IKABU 2022-2027 yang terpilih nantinya juga diminta untuk terus mendata para alumni yang selanjutnya ditindaklanjuti oleh pengurus di daerah. Hj Mundjidah Wahab menyebutkan, sedikitnya terdapat 2000 santri yang dilahirkan Bahrul Ulum setiap tahunnya.

Ketua Yayasan Bahrul Ulum KH Wafiyul Ahdi atau Gus Wafi menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya Munas IKABU ke-IV ini. Dia mendukung penuh semua kegiatan positif yang dilaksanakan oleh IKABU. “Kami dari Yayasan Bahrul Ulum sangat mendukung kegiatan IKABU di manapun dan kapan pun,” pungkasnya. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar