Peristiwa

Mulai Hujan, TDB PMI Pamekasan Hentikan Droping Air Bersih Gratis

Pamekasan (beritajatim.com) – Tim Tanggap Darurat Bencana (TDB) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, sementara menghentikan pendistribusian air bersih menyusul adanya hujan yang mulai mengguyur sejumlah wilayah di Bumi Gerbang Salam.

Sebab selama ini, TDB PMI Pamekasan ikut serta mendistribusikan air bersih ke sejumlah wilayah terdampak kekeringan dalam dua bulan terakhir. Guna meringankan beban masyarakat terdampak, khususnya di enam kecamatan berbeda di Pamekasan.
“Untuk sementara distribusi air bersih (gratis) kita hentikan, sebab saat ini sudah mulai turun hujan. Sekalipun jadwal pendistribusian kita rencanakan hingga akhir November 2019 mendatang,” kata Wakil Kepala Markas PMI Pamekasan, Yulianto Priyanto kepada¬†beritajatim.com, Senin (4/11/2019).
Diakuinya, selama ini pihaknya mendistribusikan air bersih gratis ke enam kecamatan berbeda. Masing-masing Kecamatan Galis, Larangan, Pademawu, Pagantenan, Palengaan dan Tlanakan.
“Dari lima kecamatan yang kita jadikan titik pendistribusian, meliputi sebanyak 41 dusun di 22 desa berbeda yang terdampak kekeringan akibat musim kemarau tahun ini. Bahkan hingga Oktober 2019 lalu, kita sudah mendistribusikan sebanyak 190 tangki air bersih gratis bagi masyarakat,” ungkapnya.
Seyogyanya TDB PMI Pamekasan hanya memprioritaskan pada lima kecamatan berbeda yang terdampak kekeringan, namun karena banyaknya permintaan akhirnya mereka menambah wilayah pendistribusian ke kecamatan Pagantenan.
Sementara dari total 13 kecamatan berbeda di Pamekasan, tercatat hanya dua kecamatan berbeda yang dipastikan aman dari kekeringan. Masing-masing kecamagan Pakong dan Pamekasan (Kota), sedangkan 11 kecamatan lainnya seluruhnya terdampak kekeringan akibat kemarau. [pin/kun] 




Apa Reaksi Anda?

Komentar