Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Mudik Lewat Cemoro Sewu Sarangan, Hati-Hati Berkabut

Suasana lalu lintas di perbatasan Jawa Timur - Jawa Tengah di Cemoro Sewu, Sabtu (30/4/2022)

Magetan (beritajatim.com) – Jalur Sarangan Cemoro Sewu jadi salah satu alternatif pemudik untuk menuju kawasan Jawa Timur. Namun, perlu diwaspadai jalur pegunungan itu selain rawan longsor dan pohon tumbang juga kerap terjadi kabut mulai tipis hingga tebal dan mengganggu pandangan pengemudi.

Terpantau, saat ini jalur mudik melalui Jalan Tembus cukup pada di dua hari jelang Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriyah. Baik kendaraan roda dua dan roda empat banyak memasuki Magetan.

KBO Satlantas Polres Magetan Inspektur Polisi Satu Suyatno yang berjaga di Pos Pam Cemorosewu menyebut arus mudik via gunung lawu sedikit berkurang karena jalur tol dibuka lebar. “Tren mudik kali ini banyak yang melalui jalan tol bila dibandingkan lewat bawah. Pantauan hari ini lewat bawah cenderung ramai lancar. Cuaca berkabut dan beberapa titik rawan longsor. Jalur Cemoro Sewu berbeda dengan dari Karanganyar Jawa Tengah menanjak. Bila di sini akan menurun, pengendara wajib gunakan gigi satu,” terang Suyatno pada beritajatim.com, Sabtu (30/4/2022) .

Bila capek ngantuk istirahat dulu di Pos Pam, bila kendaraan kurang prima pihaknya juga menyediakan service atau bengkel di Pos Cemorosewu ini. “Puncak mudik dan ramainya arus lalu lintas kami prediksi hari ini dan besok,” kata Yatno.

Pantauan beritajatim.com arus lalu lintas mudik didominasi oleh kendaraan roda 2 dan kendaraan roda 4 pribadi plat Jakarta dan Bandung. Mereka para pemudik memilih jalur ini karena tidak ingin terjebak macet. Jalur ini dipilih selain adem juga cenderung sepi.

Hasan Ashari pemudik asal Tangerang tujuan Jombang mengaku sengaja bersama keluarga memilih jalur gunung biar adem. “Iya sengaja lewat sini, sejuk pemandangan alam dari gunung lawu cukuplah untuk healing selama perjalanan,” katanya Hasan.

Senada dengan pemudik lain, selain sejuk dan pemandangannya indah jalur ini katanya lebih sepi dibandingkan lewat jalur tengah yaitu Kabupaten Ngawi. “Saya dari Jakarta mau pulang ke Pacitan. Yang perlu diwaspadai bila lewat sini kabutnya. Hari ini kabutnya tebal sekali, tetap alhamdulillah lancar,” terang Rizal. (fiq/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar