Peristiwa

Mobil Multifungsi Mirip Kendaraan barakuda Milik Aiptu Iwan Subagyo

Ponorogo (beritajatim.com) – Tergerak dari lubuk hatinya ingin berguna dan bermanfaat bagi orang lain, Aiptu Iwan Subagyo, polisi asal Ponorogo itu, memodifikasi mobil miliknya menyerupai kendaraan barakuda, yang terkenal gahar tersebut. Alhasil, mobil Suzuki Carry keluaran tahun 1981 kini bisa menjadi multi fungsi.

“Niat awalnya supaya bisa berguna dan bermanfaat bagi sendiri dan orang lain,” kata Aiptu Iwan Subagyo, saat ditemui beritajatim.com di kediamannya di Perumahan Bumi Citra Praja, Mingu  (19/7/2020).

Iwan panggilan akrab Aiptu Iwan Subagyo harus merogoh kocek sekitar Rp 25 juta untuk memodifikasi mobil menyerupai kendaraan taktis milik korps Bhayangkara tersebut. Supaya bisa menjangkau berbagai medan, dia menaikkan rodanya, dengan mengganti dengan roda milik Suzuki Katana. Di bagian depan, untuk melindungi kaca dipasang teralis, teralis pun juga dipasang pada bagian atas dan belakang. Sehingga selain bisa melindungi dari kejatuhan benda dari atas, teralis itupun bisa menjadi tangga.

“Mobil ini juga bisa berfungsi sebagai tangga berjalan. Ketika ada lampu mati bisa dibetulkan dengan naik ke atas mobil,” kata polisi yang berdinas di Polres Ponorogo sebagai bagian sarpras itu.

Untuk mesin, Iwan mengaku tidak ada yang dimodifikasi, masih bawaan asli. Hanya sedikit merombak body dengan diberi teralis dan dipasangi berbagai aksesoris. Seperti lampu tembak dipasang jika sewaktu-waktu butuh penerangan. Dibagian atas mobil disediakan gergaji mesin, yang bisa digunakan sewaktu-waktu jika ada pohon yang tumbang.

“Mobil ini saya modifikasi sejak 4 tahun lalu, seingat saya dulu memerlukan 5 bulan untuk pengerjaannya,” katanya.

Pengalaman mengesankan dengan mobil ini, kata Iwan terjadi pada tahun 2018 lalu. Saat itu di sebuah perumahan diterjang banjir. Untuk mengevakuasi warga ke tempat yang aman, Aiptu Iwan Subagyo dengan tenang mengemudikan mobil miliknya melewati genangan air. Padahal saat itu tinggi genangan mencapai 0,5 meter.

“Alhamdulillah, warga bisa dievakuasi dengan aman. Mobil ini juga dirancang untuk bisa menerjang banjir. Kalau mobil sejenis pasti sudah mogok,” pungkasnya. (end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar