Peristiwa

Video Viral Jombang

Minim Fasilitas, Pasien Covid-19 Makan Mie Mentah di Ruang Isolasi

Sejumlah pasien Covid-19 di ruang isolasi STIKES Pemkab Jombang sedang mengganyang mie mentah. [Foto/tangkapan layar]

Jombang (beritajatim.com) – Sejumlah pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani isolasi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Pemkab Jombang, melancarkan protes. Mereka mengeluhkan fasilitas. Di antaranya, tidak adanya air bersih.

Sehingga untuk mandi dan memasak mereka kesulitan. Hal itu terungkap dalam tayangan video uang viral melalui media sosial. Terdapat dua video yang sudah tersebar, pertama dengan durasi 31 detik dan yang kedua 20 detik.

Dalam video pertama terlihat 5 orang berada di ruangan. Masing-masing memegang satu bungkus mie instan. Sejurus kemudian seorang perempuan mengenakan daster warna coklat berteriak minta tolong karena tidak bisa memasak.

Keluhan serupa juga dilontarkan oleh seorang pria yang ada di video tersebut. “Tolong, kami kelaparan. Mau masak Supermi tidak ada kompor. Tidak ada air. Ini makan mie mentah. Ya Allah, tolong,” ujar perempuan tersebut sembari mengganyang mie instan yang dia pegang.

Aksi mengganyang mie instan juga dilakukan seorang pria bersaring yang duduk di dekat perempuan berdaster tersebut. Sedangkan pada video kedua, menampilkan dua orang yang mengeluhkan fasilitas air bersih yang tidak tersedia di lokasi karantina. Video berdurasi 20 detik itu memperlihatkan dua orang berada di ruangan yang terdapat kran air. Namun kran tersebut tidak ada airnya.

Keduanya mengeluh tidak bisa mandik, memasak, bahkan untuk sekedar cebok juga tidak bisa. Kedua orang tersebut menunjukkan kran air yang sedang tidak mengalir. “Dari kemarin tidak ada airnya. Kamar mandinya juga gitu, kosong terus airnya. Tolong diperhatikan pak. Kami kesulitan air. Tidak bisa cebok,” ujar keduanya.

Koordinator Bidang Penanganan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jombang dr Pudji Umbaran membenarkan bahwa video tersebut merupalan ruang isolasi di STIKES Pemkab Jombang.

Pudji juga mengungkapkan bahwa pasien tersebut merupakan warga Desa Plosokerep, Kecamatan Sumobito. “Benar, itu ruang isolasi STIKES Pemkab Jombang. Video tersebut kita terima tiga hari lalu,” kata Pudji, Senin (8/6/2020).

Pudji tidak membantah keluhan minimnya fasilitas di ruang isolasi itu. “Kami sudah instruksikan kepada pejabat terkait untuk melakukan pengeboran ulang, untuk menambah debit air dan kebutuhan air di STIKES Pemkab Jombang,” imbuhnya. [suf/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar