Peristiwa

Merdeka.com Gelar Merdeka Award 2021, Inspirasi di Tengah Pandemi

Surabaya (beritajatim.com) – Media online merdeka.com menggelar acara Merdeka Award 2021 pada tanggal 2 April 2021. “Inspirasi di Tengah Pandemi” menjadi tema yang diusung tahun ini.

“Kita bisa menghadapi pandemi ini, di mana kebutuhan pokok kita tetap terpenuhi, layanan publik terpenuhi, dan seterusnya, oleh karena ada orang bekerja keras dan melakukan inovasi. Kepada mereka kita memberi hormat dan apresiasi,” kata Direktur Konten KapanLagi Youniverse (KLY) Wenseslaus Manggut, Jumat (2/4).

Merdeka Award bukanlah sebuah kompetisi yang melahirkan para pemenang. Pemberian penghargaan ini sebagai apresiasi untuk mereka yang berjuang pada masa Pandemi Covid-19.

“Ini adalah cara kami memberikan apresiasi untuk bapak ibu yang telah memberikan inspirasi kepada banyak orang di tengah segala keterbatasan sosial akibat pandemi covid-19. Kami bekerja sama dengan banyak pihak untuk mencari dan memilih pihak-pihak yang layak menerima apresiasi,” ujar Pemimpin Redaksi merdeka.com, Ramadhian Fadillah.

Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin mengapresiasi penyelengaraan Merdeka Award 2021. Wapres mendukung segala inisiatif yang muncul untuk mengapresiasi kerja-kerja masyarakat demi penanganan Covid-19. Penghargaan atau award yang diterima, diharapkan menjadi inspirasi dan motivasi seluruh masyarakat untuk terus bahu-membahu bergerak maju menuju Indonesia yang lebih baik.

“Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, tapi kita bersyukur karena nilai-nilai kesetiakawanan sosial bangsa ini justru terus tumbuh dan berkembang,” kata beliau dalam acara Merdeka Award 2021.

Sederhana Tapi Bermakna

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki turut hadir dan menyerahkan langsung penghargaan kepada para kepala daerah. Teten mengapresiasi pemberian penghargaan bagi kepala daerah yang memiliki program-program inspiratif guna mendukung UMKM. Terutama di masa pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan ini (Merdeka Award) bisa terus dilangsungkan. Ini akan menyemangati para kepala daerah untuk mengembangkan inisiatif bagaimana mereka mengembangkan UMKM di masing-masing daerah,” ujar Teten.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar hadir dan memberikan penghargaan bagi sosok-sosok kepala desa yang inspiratif. Terutama dalam upaya mendorong kesetiakawanan di lingkungan desa yang mereka pimpin. Dia menilai kategori tersebut memang terlihat sederhana Namun punya makna yang dalam.

“Saya nilai bagus sekali. Sederhana tapi mengena dan bermakna,” ujar pria yang akrab disapa Gus Menteri dalam Acara Merdeka Award 2021.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sempat berbincang santai dengan tiga penerima award sosok inspiratif. Kapolsek Bawang AKP SS Udiono, Guru Ujang Setiawan Firdaus dan Ketua Komunitas Sahabat Difabel, Adib Budiono. Moeldoko mengaku kagum dengan aksi mereka membantu orang lain selama pandemi.

“Ternyata di Indonesia luar biasa, kita bisa temukan inspirator baru di tengah kondisi serba sulit bisa berbuat sesuatu. Ini sangat baik memberi inspirasi ke yang lain,” kata Moeldoko.

Ada enam kategori penghargaan yang akan diberikan pada Merdeka Award 2021.

1. Desa dengan inisiatif digital menuju pemulihan ekonomi
2. Daerah dengan program inspiratif bagi UMKM di masa pandemi
3. Sosok Inspiratif di tengah pandemi
4. Program kepedulian sosial dalam membantu dampak Covid-19
5. Daerah dengan kesetiakawanan yang menginspirasi
6. Program inovatif kementerian saat pandemi Covid-19

Apresiasi dan penghargaan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi semua pihak untuk terus menanam benih kebaikan dan kesetiakawanan sosial. Penerima penghargaan ini adalah perwakilan dari sekian banyak kebaikan yang tersebar di penjuru negeri. [but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar