Peristiwa

Menteri Pertanian Kaget Tahu Kualitas Edamame Jember

Jember (beritajatim.com) – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terkejut mengetahui kualitas edamame yang diproduksi PT Mitratani27 di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (26/12/2019) sore.

“Hari ini kita membuktikan edamame sebagai salah satu komoditas di Indonesia memiliki pasar dunia yang sangat terbuka dan luas. Edamame Indonesia dikenal sebagai edamame berkarakter tanaman tropis dan memiliki kekhasan tasty, daya tahan bagus, dan kualitas luar biasa. Saya kaget kita memiliki pengolahan edamame di Jember yang luar biasa,” kata Syahrul, saat berkunjung ke PT Mitratani 27.

Syahrul memuji produksi edamame di PT Mitratani 27 yang memenuhi prosedur berstandar internasional. “Ini membuat edamame kita ini menjadi sebuah kekuatan besok yang harus kita dorong untuk bicara di tingkat dunia. Kalau hari ini kita ke Jepang, edamame makanan dunia sekarang. Saya sudah bicara dengan PTPN X dan PT Mitratani, mudah-mudahan ini bisa kita dorong menjadi tiga kali lipat,” katanya.

Syahrul juga akan bicara dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara soal perluasan industri edamame. “Kita punya perbankan dan kemampuan mengelola. Yang penting bahan dasar mengelolanya yaitu tanah, petani, dan kemauan manajemen yang sudah teruji jadi kekuatan awal,” katanya.

Menurut Syahrul, presiden sudah memerintahkan untuk memperkuat sektor pertanian. Dia berharap perbankan bisa membantu. Ia menyarankan permintaan dari semua negara dikonkretkan. “Toh kita memiliki resor yang cukup, alam cukup, petani cukup, manajemen cukup. Kita bisa penuhi. Tapi itu tidak seperti membalik tangan, harus berproses dari hulu ke hilir sampai pasca panen. Industri harus diperbaiki,” katanya.

Kapasitas produksi yang saat ini lima ribu ton harus diperbaiki. “Ini berarti investasi juga harus diperbaiki,” kata Syahrul. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar