Peristiwa

Menteri Pertanian: Edamame Bisa Dikembangkan di Luar Jember

Jember (beritajatim.com) – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap edamame bisa dikembangkan di luar Kabupaten Jember, Jawa Timur, oleh PT Mitratani 27. Tujuannya untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri.

“Tentu saja kita punya Indonesia sangat luas. Tidak hanya Jember. Mitratani bisa memperluas diri. PTPN X ada di mana-mana dengan kontur tanah yang berbeda-beda, tapi tentu ada yang bisa sama. Tinggal mengelolanya dan manajemen,” kata Syahrul, saat mengunjungi PT Mitratani 27 di Jember, Kamis (26/12/2019).

Saat ini, Mitratani 27 memproduksi lima ribu ton edamame dan sebagian besar diekspor ke Jepang. Perluasan lahan bisa menambah kapasitas produksi.

Bagaimana dengan bentuk kemitraan dengan petani? “Kita bicara untuk kepentingan petani. Bagaimana bentuknya? Kalau harga di luar makin bagus, kualitas kita makin bagus, harga jualnya lebih tinggi. Itu muaranya ke petani. Konsentrasi Kementerian Pertanian, para bupati, termasuk PTPN adalah kepentingan rakyat. Bukan keuntungan yang paling utama,” kata Syahrul.

Syahrul melihat edamame produksi Jember sudah bisa diandalkan menjadi komoditas pertanian Indonesia. Salah satunya karena edamame berkarakter tropis ini memiliki kekhasan cita rasa dan daya tahan. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar